Puluhan Tahun Menghuni Gubuk Reot, Aminah Berharap Bantuan Bedah Rumah

Tanggal 09 Mei 2017 - Laporan - 1626 Views
Aminah bersama Mulyadi.

Harianmomentum-- Sangat memprihatinkan. Itulah gambaran kehidupan Aminah (61 tahun). Selama puluhan tahun janda tua itu tinggal di gubuk reot yang berdiri di bantaran sungai wilayah RT 05/LK 03, Kelurahan Kotaalam, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

 

Kondisi gubuk yang didiami  Aminah memang sangat tidak layak huni. Didingingnya terbuat dari geribik, kayu-kayu penyangga atap sudah terlihat lapuk. Bahkan, kamar tidurnya pun menyatu dengan sumur. Digubuk itu Aminah tinggal bersama Mulyadi (33) anak kandungnya yang mengidap penyakit epilepsi atau ayan. 

 

Aminah mengaku ingin sekali memperbaiki kondisi tempat tinggalnya. Tapi penghasilannya sebagai tukang urut, sangat tidak mencukupi untuk mewujudkan mimpi tersebut. 

 

“Saya tinggal di sini sejak tahun 80-an. Kalau hujan, bocor semua, tapi mau gimana lagi, jangankan memperbaiki gubuk ini, untuk makan saja sulit. Saya hanya jadi tukang urut panggilan, itu juga kalau ada yang minta diurut. Kadang berhari-hari ngak ada yang panggil,“ kata  Aminah dengan nada sedih pada harianmomentum.com, Selasa (9/5).

 

Beruntung, dia masih mendapatkan bantuan program beras sejahtera (rastra) yang disalurkan pihak kelurahan setempat dengan harga tebusan Rp55 ribu per-empat bulan. 

 

“Anak saya hanya menjadi tukang angkut sampah di lingkungan sini. Upahnya Rp10 ribu per bulan dari setiap rumah yang sampahnya diangkut. Tapi, anak saya sering jatuh saat mengangkut sampah, kalau penyakitnya kambuh,“ tuturnya.

 

Dia mengatakan pernah mendengar dan melihat beberapa rumah tetangganya diperbaiki melalui program bantuan bedah rumah. 

 

“Pingin juga rumah saya ini dibantu perbaikan dari  pemerintah, tapi saya tidak pernah dapat. Belum pernah juga didata sama orang kelurahan atau barangkali saat orang kelurahan datang, saya sedang tidak di rumah,“ ungkapnya. (ysn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


Semarak Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Ber ...

MOMENTUM, Aceh – Menyemarakkan bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com