Kesbangpol Lambar Bina LSM dan Ormas

Tanggal 09 Mei 2017 - Laporan - 1248 Views
Pembukaaan Forum Silaturahmi Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan dan Lembaga Swadaya Masyarakat, Kabupaten Lampung Barat.

Harianmomentum-- Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyelenggarakan kegiatan Forum Silaturahmi Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)  dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Kegiatan digelar di Gedung Ratu Piekulun, Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Alimuddin Umar, Liwa, Selasa (9/5).

 

Kepala Kantor Kesbangpol Lambar Raswan mengatakan kegiatan tersebut bertujuan, membekali ormas dan LSM agar menjadi motor mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat mendukung suksesnya pelaksanaan program pembangunan.

                                                                          

“Ormas dan LSM memiliki peran strategis mensukseskan pembangunan melalui  upaya peningkatan peran aktif masyarakat,” kata Raswan.

 

Dia menerangkan, dasar hukum pelaksanaan kegiatan tesrebut mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan. Kemudian, intruksi Meteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 1990 tentang pembinaan lembaga swadaya masyarakat (LSM) serta Keputusan Bupati Lambar Nomor 116/KPTS/IV/06/2017 pembinaan Ormas dan LSM.

Selain dari kantor kesbangpol, nara sumber dalam kegiatan itu berasal dari: Polres Lambar, Kejaksaan Negeri Liwa, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

 

Staf Ahli Bupati Lambar bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Saripan Halim saat membuka forum tersebut menyampaikan, untuk mewujudkan pembangunan dan tata kelola pemerintahan daerah yang baik, diperlukan peran aktif tiga pilar: Masyarakat, pemerintah dan  dunia usaha/swasta.

 

“Ketiga pilar itu tidak boleh menempatkan posisi untuk saling melemahkan, melainkan saling bersinergi, memperkuat peran dan kedudukan masing-masing untuk mensukseskan pembangunan,“ kata  Saripan.

 

Karena itu, dia berharap forum tersebut dapat meningkatkan koordinasi dan sinergisitas seluruh eleman untuk mensukseskan pembangunan di Kabupatan Lambar.

 

“Semoga ormas dan LSM di Lambar, dapat terus berkiprah  membantu pemerintah menyelesaikan berbagai kendala pembangunan dan permasalah sosial yang terjadi,“ harapnya. (Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Lebaran Lancar dan Terkendali, Kin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Arus balik lebaran 2024 di Provinsi Lamp ...


18 Pelamar JPTP Lulus Uji Kompetensi, Satu Gu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro ...


Bupati Lamsel Serahkan 14 Sertifikat Gratis P ...

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermant ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com