BI Sosialisasikan Uang Baru Emisi 2016


BANDAR LAMPUNG -- Sebanyak 100 anggota Pertuni Bandar Lampung menghadiri dalam acara sosialisasi yang digelar Bank Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, BI melakukan sosialisasi uang baru tahun emisi 2016 di Kelurahan Gedong Air, Tanjungkarang Barat, Bandar Lampung, Rabu (1/2/2017).
Asisten Manajer Tim Pengembangan Ekonomi Fungsi Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan, Rani Permata Febriana mengatakan, melalui agenda hari ini, pihaknya memberi penjelasan secara perinci tentang bagaimana mengenali uang baru tahun emisi 2016. Tak hanya itu, masyarakat pun diedukasi untuk memperlakukan uang baru dengan baik agar tidak mudah rusak ataupun robek.
Menurut dia, sosialisasi yang dilakukan kepada Pertuni hanya kali ini saja. Namun untuk sosialisasi uang tersebut telah dilakukan ke masyarakat semua elemen sudah dilakukan beberapa kali. Harapannya dengan sosialisasi ini masyarakat bisa mengenal uang baru yang asli.
"Saat ini blind code dibuat lebih sederhana dengan dua strip yang berbeda jumlahnya untuk masing-masing pecahan. Kalau kami lihat, mereka juga lebih mudah memahami juga, kalau sebelumnya kan ada bentuk yang berbeda seperti segitiga, bulat dan kotak,"
Pihak bank BI menjelaskan satu persatu kepada kepada anggota Pertuni, beberapa pertanyaan yang diajukan, yaitu bagaimana mengenali uang baru. Cara yang gampang yakni meraba strip di pinggir uang baru.
Selain itu, perbedaan uang logam yang lama dan baru dengan meraba wajah pahlawan yang ada di uang logam tersebut.
"Jangan dilipat, jangan diremas, distraples atau diselotip tapi diperlakukan dengan tiga cara atau didapat, disimpan, dan disayang," tuturnya.
Mereka memiliki latar belakang profesi yang berbeda di antaranya pengamen, tukang pijat, pedagang koran, dan beberapa pekerjaan lainnya. Salah satu anggota Pertuni, Masykur, mengatakan sosialisasi tersebut amat berguna bagi dirinya dan rekan-rekannya.
"Dirinya sangat berterima kasih kepada BI yang sudah adakan sosialisasi, sehingga saya bisa lebih mengenal uang yang baru ini," imbuhnya.
Selain itu, Ngadinem mengaku dirinya sudah mengerti untuk membedakan uang baru emisi 2016.
"Bedanya kalau pecahan seratus ribu garis stripnya satu pasang, kalau dua berarti lima puluh ribu, seperti itu contohnya, tidak terlalu sulit. Belum punya uang yang baru, tapi kalau dikasih insya Allah sudah bisa membedakan," paparnya sambil tertawa.


sumber : http://www.lampost.co/berita/bi-sosialisasikan-uang-baru-emisi-2016


Berikan Komentar