Pemkab Lamtim Gelar Tradisi Cuak Mengan Nyeruit Jejamo

Tanggal 15 Agu 2018 - Laporan - 2085 Views
Bupati Lampung Timur Chusnunia bersama jajaran pemkab setempat menggelar tradisi Cuak Mengan Nyeruit Jejamo

Harianmomnentum.com--Kuliner punya peran penting sebagai ikon dalam upaya melestarikan kebudayaan daerah. Terkait hal tersebut Pemirntah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) menggelar tradisi Cuak Mengan Nyeruit Jejamo.

Tradisi makan bersama masyarakat adat Lampung Pepadun itu berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati Lamtim Chusnunia, Rabu (15/08/2018). Selain para pejabat pemkab, Cuak Mengan Nyeruit Jejamo itu diikuti para tokoh adat masyarakat setempat.

Bupati Lamtim Chusnunia mengatakan, acara tersebut sengaja digelar sebagai salah satu upaya melestarikan kebudayaan daerah, sekaligus mempererat silaturahmi dan koordinasi antara jajaran pemkab dan masyarakat (para tokoh adat).

"Cuak Mengan ini kan tradisi masyarakat Lampung. Tardisi ini punya filosofi, kuatnya kebersamaan dan sifat terbuka masyarakat Lampung. Melalui tradisi ini kita menyatukan visi memperkuat sinergi untuk bersama membangun Kabupaten Lampung Timur," kata bupati yang akrab disapa Nunik itu.

Menurut Nunik, saat ini tradisi Cuak Mengan Nyeruit Jejamo sudah jarang digelar. "Perkembangan zaman yang begitu pesat, berpengaruh dengan pola hidup masyarakat yang semakin cenderung individualis. Karena itu, sekarang masyarakat Lampung sudah jarang menggelar tradisi ini. Pemkab Lampung Timur tentu berkawajiban melestarikan kebudayan dan kearifan lokal," terangnya. (rif)        

 


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com