Wabup Pringsewu Hadiri Ngaben di Pekon Mataram

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menghadiri ritual Ngaben di Pekon/Desa Mataram, Kecamatan Gadingrejo

Harianmomentum.com--Wakil Bupati Pringsewu H.Fauzi dan Kapolres Tanggamus/Pringsewu AKBP. I Made Rasma menghadiri prosesi Ngabenritual budaya pembakaran jenazah umat Hindu Dharma Bali,  di Pekon/Desa Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Kamis (16/08/2018). 

Menurut kepercayaan umat Hindu Dharma (Bali), ritual Ngaben memiliki makna dan tujuan: melapas ruh menuju nirwana (surga)bersatu dengan Sang Hiyang Widi Wase (pencipta alam semesta). 

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dalam sambutannya mengatakan, ngaben merupakan salah satu ritual keagamaan, sekaligus budaya luhur  warisan nenek moyang terutama umat Hindu Dharma yang harus senantiasa dijaga kelestariannya.

"Ini salah satu bentuk upaya pelestarian budaya. Pemkab Pringsewu tentu sangat mendukung penyelenggaraan acara keagamaan dan pelestarian budaya yang dilaksanakan masyarakat," kata wabup.

Wabup Fauzi juga meminta seluruh elemen masyarakat, terutama umat Hindu di Kabupaten Pringsewu untuk terus meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan, serta selalu bersinergi dengan Pemerintah untuk menyukseskan pembangunan.

"Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Pringsewu ini untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakatnya,"ajaknya. (lis)


Leave a Comment