Wabup Pringsewu Hadiri Ngaben di Pekon Mataram

Tanggal 16 Agu 2018 - Laporan - 854 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menghadiri ritual Ngaben di Pekon/Desa Mataram, Kecamatan Gadingrejo

Harianmomentum.com--Wakil Bupati Pringsewu H.Fauzi dan Kapolres Tanggamus/Pringsewu AKBP. I Made Rasma menghadiri prosesi Ngabenritual budaya pembakaran jenazah umat Hindu Dharma Bali,  di Pekon/Desa Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Kamis (16/08/2018). 

Menurut kepercayaan umat Hindu Dharma (Bali), ritual Ngaben memiliki makna dan tujuan: melapas ruh menuju nirwana (surga)bersatu dengan Sang Hiyang Widi Wase (pencipta alam semesta). 

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dalam sambutannya mengatakan, ngaben merupakan salah satu ritual keagamaan, sekaligus budaya luhur  warisan nenek moyang terutama umat Hindu Dharma yang harus senantiasa dijaga kelestariannya.

"Ini salah satu bentuk upaya pelestarian budaya. Pemkab Pringsewu tentu sangat mendukung penyelenggaraan acara keagamaan dan pelestarian budaya yang dilaksanakan masyarakat," kata wabup.

Wabup Fauzi juga meminta seluruh elemen masyarakat, terutama umat Hindu di Kabupaten Pringsewu untuk terus meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan, serta selalu bersinergi dengan Pemerintah untuk menyukseskan pembangunan.

"Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Pringsewu ini untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakatnya,"ajaknya. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com