Itera Siap Bantu Riset untuk Kembangkan Krakatau

Tanggal 24 Agu 2018 - Laporan - 739 Views
Seminar tentang potensi Cagar Alam Krakatau. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Pemerintah Provinsi Lampung terus memaksimalkan potensi Cagar Alam Krakatau sebagai Taman Wisata Alam (TWA).

Wacana tersebut dibahas dalam seminar internasional bertema 'Vulkanologi Krakatau dan Pemanfaatannya di Masa Depan' yang digelar di Bandarlampung, Jumat (24/8/18).

“Seminar internasional ini sebagai forum ilmiah untuk menggali dan menyerap gagasan guna memanfaatkan Krakatau di masa mendatang,” ujar Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto saat membuka seminar.

Hery berharap seminar internasional bisa menghasilkan kajian yang bermanfaat bagi pemerintah daerah, khususnya mendayagunakan potensi Krakatau.

Wakil Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Mitra Djanal menuturkan, Krakatau telah menunjukkan pesonanya hingga saat ini.

“Kita dapat memperhatikan Krakatau muda senantiasa hadir membuka wawasan dan pengetahuan terkait potensi alam. Diharapkan Krakatau mampu menjadi wahana berdiskusi, mengkaji dan meninjau potensi pesona gemilau Krakatau untuk dapat dimanfaatkan di masa depan,” jelasnya.

Djanal memastikan, Itera siap mendukung dan membantu riset dan kerjasama untuk memaksimalkan potensi pesona gemilau Krakatau.

Sementara Tukirin Partomihardjo dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dalam paparannya berjudul Vulkanologi dan Kondisi Aspek Hidup Kawasan Kepulauan Gunung Krakatau, menjelaskan bahwa sejarah tragis masa lampau dan letak geografis Krakatau dibatasi oleh bentangan massa air laut yang luas.

Juga menjadikan Lampung dikenal sebagai laboratorium alam tropik. Selain itu, panorama alam yang mempesona merupakan daya tarik pengunjung untuk selalu kembali menikmati keindahan alam Krakatau.

“Oleh karena itu, tidak hanya para peneliti yang senantiasa ingin tahu misteri keajaiban alam, tetapi para pelancong yang hobinya menikmati keindahan alampun tidak pernah henti mengunjungi Krakatau," ungkapnya. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com