Warga Desa Tarahan Berharap Pembangunan Dermaga dan TPI

Tanggal 16 Mei 2017 - Laporan - 1975 Views
Ketua Tim Penilai Lomba BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Laila Soyara bersama Sekretaris DPM Lamsel, Camat Katibung dan Kepala Desa Tarahan.

Harianmomentum-- Desa Tarahan, Kecamatan Katibung merupakan salah satu sentra penghasil ikan laut di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Meski demikian, penduduk desa setempat, masih kesulitan untuk memasarkan ikan hasil tangkapan mereka.

 

 Terkait hal tersebut, Kepala Desa Tarahan Junaidi meminta kepada pemerintah dapat membangun dermaga dan tempat pelelangan ikan (TPI) di desa setempat.

 

“Di desa ini belum ada dermaga dan TPI. Kami minta pemerintah bisa membangun dermaga dan TPI di sini. Sehingga pemasaran ikan hasil tangkapan nelayan dapat lebih lancar, untuk meningkatan kesejahteraan penduduk,” kata Djunaidi saat memparkan potensi desa setempat pada acara penilaian Lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun 2017 Tingkat Provinsi Lampung, Selasa (16/5).

          

Pada kesempatan itu, Junaidi juga menyampaikan BUMDes Desa Tarahan dibentuk pada Bulan Maret 2016 dengan modal awal Rp25 juta yang bersumber dari dana desa. 

 

“BUMDes Desa Tarahan bergerak dibidang usaha pengolahan makanan ringan keripik pisang, kerajinan tangan dan pemanfaatan perahu bantuan program CSR PLTU Tarahan,“ terangnya.

 

Dia melanjutkan, bantuan perahu dari program CSR PLTU Tarahan itu berjumlah 15 unit. “Kami berharap terus mendapatkan pembinaan dari pemerintah untuk mengelola BUMDes,“ pintanya.

 

Camat Katibung Hendra Jaya berharap, Lomba BUMDes tersebut dapat memotivasi warga untuk meningkatkan peran aktif dalam mensukseskan pembangunan di desa setempat. 

 

"Mudah-mudahan Pemkab Lampung Selatan dan Pemprov Lampung bisa mewujudkan harapan masyarakat untuk pembangun dermaga dan TPI di Desa Tarahan,“ kata Hendra.

 

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lamsel Bambang Sayono dalam sambutannya menjelaskan, pembentukan BUMdes mengacu peraturan Menteri Dalam Negeri tentang pengelolaan potensi desa.

 

"Nanti laporannya dari pengelola BUMDes dilaporkan kepada kepala desa. Selanjutkan diteruskan ke Badan Permusyawaratan Desa," kata Bambang.

 

Ketua Tim Penilai Lomba Bumdes Tingkat Provinsi Lampung Laila Soraya mengatakan penilaian tersebut bagian dari evaluasi pembentukan dan pengelolaan BUMDes.  

 

"Dari penilaian ini dapat diketahui sejauh mana pemanfaatan BUMDes dalam mengelola potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,“ terangnya. (bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


18 Pelamar JPTP Lulus Uji Kompetensi, Satu Gu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro ...


Bupati Lamsel Serahkan 14 Sertifikat Gratis P ...

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermant ...


Pj Bupati Tulangbawang Barat Ziarah ke Makam ...

MOMENTUM, Pagardewa -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com