Pelatihan Sistem Pemasaran Oline bagi UKM di Lampung

Tanggal 06 Sep 2018 - Laporan - 736 Views
Pelatihan pemasaran online untuk UKM. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan pelatihan sistem pemasaran online bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Lampung.

Staf Ahli Menteri Bidang Iklim dan Hubungan Kelembagaan Kemendag Suhanto menuturkan, pelatihan ini merupakan upaya Kemendag meningkatkan penjualan produk dalam negeri guna stabilitasi harga. 

"Meskipun hampir seluruh masyarakat memiliki smartphone tetapi rata-rata UKM belum bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memasarkan produknya secara online," ujar Suhanto di Bandarlampung, Kamis, (6/9/18).

Melalui fasilitasi pemasaran online ini, lanjutnya, UKM akan dipertemukan dengan marketplace untuk diberi pemahaman terkait norma dan ketentuan penjualan online sehingga para UKM dalam menjual produk nantinya tak melanggar ketentuan perlindungan konsumen.

"Mereka kami latih bagaimana standarisasi produk dan lainnya, sehingga harapannya setelah dijual nanti tidak mengecewakan pembelinya," terang dia

Selanjutnya Suhanto berharap, dari pelatihan ini minimum 30 persen bisa diimplementasikan oleh UKM, karena pihaknya bersama marketplace akan terus memonitor perkembangannya. 

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ferynia mengatakan, hal ini juga menjadi tahapan bentuk pembinaan pembelajaran online, kemasan, dan merk. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat menolong 763 ribu UKM di Lampung.

Di samping itu, dia juga mendorong UKM untuk menciptakan kreasi produk turunan khususnya dari bahan baku lada hitam seperti kepiting lada hitam.

"Coba bereksperimen menciptakan produk, nanti kita pasarkan. Ini perlu kepiawaian UKM menciptakan produk turunan," kata dia. (ira).


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com