Besok KPU Lampung Umumkan Rincian LADK

Tanggal 27 Sep 2018 - Laporan - 795 Views
Komisioner KPU Lampung M Tio Alianysah.

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung akan mengumumkan rincian laporan awal dana kampanye (LADK) Pemilu 2019, Jumat (28/9) besok.

Komisioner KPU Lampung M Tio Aliansyah mengatakan, pasca penyerahan LADK dilakukan perbaikan bagi yang belum melengkapi berkas pada 24 hingga 27 September 2018.

"Tanggal 28 nanti diumumkan rincian LADK, baik partai politik, calon perseorangan serta tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden," sebut Tio kepada harianmomentum.com.

Dia menerangkan, dalam LADK tersebut terdapat lima item yang harus dilampirkan. Diantaranya, rekening khusus dana kampanye (RKDK), saldo pembukaan rekening khusus dan sumbernya serta NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

"Ada lima semuanya. Tapi untuk LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) tidak termasuk dalam LADK," terangnya.

Dia menerangkan, salah satu sumber dana kampanye bisa berasal dari harta pribadi masing-masing calon.

"Mau semua hartanya digunakan untuk dana kampanye tidak masalah. Karena memang salah satu sumber dana kampanye berasal dari harta pribadi," paparnya.

Bagi calon legislatif DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota yang menggunakan dana pribadi tidak harus melalui partai politik.

"Tapi tetap saja harus dilaporkan ke KPU penggunaannya untuk apa saja," tuturnya.

Selain itu, dia menerangkan, peserta pemilu bisa menerima sumbangan dana kampanye dari perseorangan, kelompok atau perusahaan.

"Sumbangannya bisa berupa uang, barang dan jasa. Kalau barang dan jasa nanti dirupiahkan. Jadi harga barang atau jasanya berapa," rincinya. (adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Nasdem Apresiasi Eva Dwiana Ambil Formulir Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Eva Dwiana akan maju kembali pada pilkad ...


Menyapa Via Medos, Ridho Dikabarkan Mau Nyalo ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Gubernur Lampung Muhammad Ridho F ...


Calon Bupati Pringsewu: Fauzi Unggul, Disusul ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Konstelasi politik di Kabupaten Pringsewu ...


Ketua STIT Tanggamus Daftar Calon Wakil Bupat ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pada hari ketujuh penjaringan Bakal Calon ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com