Lamsel Pindahkan Pembayaran PBB-P2 ke BRI

Tanggal 02 Okt 2018 - Laporan - 572 Views
Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto silaturahmi dengan camat dan kades. Foto. Bob.

Harianmomentum.com--Pelaksana Tugas (Plt) Nanang Ermanto tidak ingin lagi mendengar kepala desa mengalami hambatan dalam menyetorkan Pajak Bumi Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Hal itu disampaikan Nanang, saat silaturahmi dengan Camat, Kades, Sekdes dan KUPT PBB P2 se-Lampung Selatan (Lamsel) dalam rangka optimalisasi pencapaian PBB P2 di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati setempat, Senin (1/10/18).

Jika selama ini dia mendengar hambatan dikarenakan ketersediaan cabang-cabang Bank Lampung di desa-desa yang terbatas, sehingga menyebabkan penyetoran PBB P2 terhambat.

"Kami terus mencari solusi. Tim juga terus merumuskan bagaimana percepatan masuknya pajak. Kini kami sepakati pembayaran dialihkan dari Bank Lampung ke Bank BRI," kata Nanang.

Upaya tersebut merupakan salah satu langkah Pemkab Lamsel membenahi percepatan pembangunan di segala bidang, yang membutuhkan biaya besar. Oleh sebab itu, Camat dan Kades diminta tingkatkan kinerja kerjanya terutama pelayanan PBB P2.

"Mempercepat pembangunan Pemkab juga dituntut kreatif dalam menggali SDM di desa-desa, saya evaluasi juga kinerja camat yang masih rendah, camat harus memberikan contoh terhadap kades," terang Nanang.

Nanang juga berpesan kepada para kades untuk lebih memaksimalkan laporan mengenai Dana Desa (DD) yang dinilai masih kurang maksimal, karena masih di bawah 50 persen kades yang memberikan laporan. Jika kades tidak sanggup silakan mengundurkan diri.

"Baru 103 desa yang memberikan laporan dari total 256 desa yang ada di Lamsel. Saya minta kades lebih semangat dan bersungguh-sungguh, bagaimana kades menjadi pemimpin jangan menjadi bos, begitu pula camatnya, harus rubah pola pikir," pungkas Nanang.

Sementara itu Kacab BRI Kalianda, Noeroel Fajari menyatakan berkomitmen membantu Pemkab Lamsel terutama kades untuk mengatasi permasalahan pembayaran PBB P2.

Saat ini BRI mengembangkan sistem baru, BRI virtual account. Mekanisme dan tata cara pembayaran PBB nanti tidak lagi manual tapi bisa dilakukan disemua saluran BRI, seperti ATM atau BRILINK yang ada di desa-desa," terang Noeroel.

Dalam acara tersebut, Nanang juga memberikan 10 unit sepeda motor kepada KUPT PBB P2 yang ada di beberapa kecamatan di Lamsel. (bob).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


Safari Ramadan, PLN Nusantara Power Jamin Pas ...

MOMENTUM, Tarahan -- PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Tarah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com