Banyak Pengaduan Bidang Kesehatan Masuk Ombudsman

Tanggal 05 Okt 2018 - Laporan - 820 Views
Dadan Suharma Wijaya. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Ketua Bidang Pembinaan Ombudsman Republik Indonesia Dadan Suharma Wijaya menyatakan banyak pengaduan bidang kesehatan yang masuk ke Ombudsman.

Kondisi pelayanan kesehatan seperti itu yang mendorong Ombudsman RI mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait di Auditorium Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kamis (4/10/18).

Pertemuan itu, kata Dadan, untuk memastikan kerja sama yang baik antarstakeholder pelayanan kesehatan, mulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) hingga tingkat lanjutan benar-benar terlaksana dengan baik.

"Banyaknya aduan bukan berarti buruk. Bisa berarti pelayanan itu sudah sampai ke masyarakat, tapi kurang memuaskan. Ya kembali lagi mungkin kendalanya adalah SDM," katanya.

Pelayanan bisa dikatakan baik jika sistem layanan, rujukan, baik yang umum maupun BPJS semua benar-benar berjalan sebagaimana mestinya.

"Karena itu kami mengundang seluruh stakeholder fasilitas kesehatan dan stakeholder pengawasan kesahatan. Kami Ombudsman memastikan agar semua aduan yang masuk dalam instansi tersebut mendapat tanggapan dan layanan yang baik pula. Karenanya kedua instansi ini harus sinergis," ujar Dadan usai pertemuan.

Meski demikian, Dadan berharap, Ombudsman menjadi pilihan terakhir untuk penyelesaian permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Menurut dia, instansi lah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang lebih utama untuk menyelesaikan persoalan apapun dengan masyarakat. 

"Untuk itu kami mendorong agar setiap instansi memiliki unit pengelola pelayanan yang jalan. Unit ini adalah roh pelayanan publik, bukan tugas tambahan," ungkapnya.

Dikatakan Dadan, ketersediaan sumberdaya manusia (SDM), untuk mengelola pelayanan masih menjadi kendala di setiap instansi. Namun hal itu masih bisa diedukasi dengan berbagai pelatihan.

Kekurangan SDM di bidang kesehatan terutama dokter memang sangat diperlukan. Tetapi jangan sampai dilupakan juga ada bagian khusus di instansi kesehatan yang juga tidak kalah penting seperti elektro medic yang bertugas untuk mengecek alat-alat kesehatan, kata dia. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com