Bupati Lambar Canangkan Program Kabupaten Tangguh Bencana

Tanggal 09 Okt 2018 - Laporan - 667 Views
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mencanangkan program Kabuupaten Tangguh Bencana dan Konservasi

Harianmomentum.com--Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus mencanankan program Kabupaten Tangguh Bencana dan Konservasi, Selasa (09/10/2018). Pencanangan yang berlangsung di Pekon/Desa Sumberagung, Kecamatan Suoh itu ditandai dengan penanaman pohon penghijauan.

Bupati mengatakan, program Kabupaten Tangguh Bencana dan Konservasi merupakan wujud dari visi dan misi pembangunan Kabupaten Lambar yang  mengedepankan kebutuhan masyarakat berdasarkan aspek kearifan lokal.

"Letak geografis Lampung Barat masuk kategori daerah rawan bencana, khususnya gempa bumi. Program Kabupaten Tangguh Bencana dan Koservasi ini adalah  salah satu upaya  memperkuat edukasi masyarakat dalam mengantisipasi dampak bencana dari seluruh aspek," kata bupati.

Dia menerangkan, salah satu bentuk nyata program Kabupaten Tangguh Bencana dan Konservasi adalah pemetaan  wilayah  rawan bencana dan melakukan upaya  konservasi alam yang terbagi dalam program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Program jangka pendek dilakukan dengan upaya  tutup lahan (vegetasi). Program jangka menengah dilakukan dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan konservasi dan program jangka panjang: mewujudkan konservasi di tengah kehidupan sosial masyarakat.

Ada pun indikator target keberhasilan program tersebut dilihat dari Indek Tutupan Hutan (ITH) dari 43,21 pada tahun 2018 menjadi 48,55 pada tahun 2022. Kemudian: Indek Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dari 60,35 tahun 2018 menjadi 64,12 pada tahun 2022. 

"Pemerintah daerah berharap kontribusi dari seluruh elemen masyarakat termasuk TNI dan Polri dalam mendukung suksesnya pelaksanaan program ini," harapnya.

Pencanangan program Kabupaten Tangguh Bencana dan Konservasi itu juga ditandai dengan simulasi penangangan bencana oleh satgas penanggulangan bencana tingkat kecamatan dan pekon. Dilakukan juga penandatanganan deklarasi komitmen bersama, dari seluruh organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal untuk mendukung suksesnya program Kabupaten Tangguh Bencana dan Konservasi. (lem)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


Sejumlah Program Pembangunan di Pardasuka Dir ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu pada anggar ...


Pelunasan Bipih tahap II Ditutup, 106 Jemaah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Waktu pelunasan biaya perjalanan ibadah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com