KPPU Pantau Harga 11 Komoditas Pangan

Tanggal 21 Mei 2017 - Laporan - 1272 Views
Ilustrasi.

Harianmomentum--Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mulai mengawasi 11 komoditas pangan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, terutama bawang putih dan telur yang harganya melambung tinggi.

Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Surabaya Aru Armando menjelaskan, pihaknya mewaspadai kenaikan harga bawang putih dan telur yang cukup tajam saat menjelang Ramadhan. 

"Dua komoditas ini mengalami kenaikan harga cukup tajam bila dibandingkan satu bulan lalu," katanya, Minggu (21/5), dikutip RMOL.CO.

Menurut Aru, pada April lalu, harga bawang putih rata-rata Rp 35 ribu per kilogram, namun saat ini sudah menyentuh angka Rp 60 ribu per kilogram. Begitu juga dengan telur yang April lalu masih seharga Rp 16 ribu per kilogram sekarang mencapai Rp 20 ribu hingga Rp 22 ribu per kilogram.

Kantor Perwakilan Daerah KPPU Surabaya melakukan survei terhadap 11 komoditas pangan pokok yakni beras, jagung, kedelai, daging sapi, gula, ayam, telur, cabai, bawang, terigu, dan minyak goreng. Kenaikan harga sejumlah komoditas pangan bisa saja terjadi karena faktor permintaan dan pasokan.

Namun, jika kenaikan harga karena penyebab lain seperti adany penimbunan maupun praktik kartel maka KPPU akan turun tangan melakukan penyidikan. Selain itu, KPPU juga akan melakukan survei secara khusus terhadap komoditas cabai dan daging sapi di tingkat pengepul, distributor hingga pedagang. Serta survei harga eceran tertinggi (HET) gula pasir, minyak goreng, daging beku, dan bawang putih di pasar swalayan maupun pasar tradisional.

"Kami juga berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait, seperti BPS dan Bulog yang tergabung dalam Satgas Pangan Polda Jatim guna mensosialisasikan peran KPPU dalam upaya stabilisasi harga pangan," demikian Aru. (Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com