Kades di Mesuji Diminta Mendata Warga Penderita Katarak

Khamami (mengenakan batik). Foto. Ish.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Mesuji berencana mengadakan bakti sosial (baksos) sunatan masal, operasi mata katarak dan operasi bibir sumbing. 

Menyukseskan peringatan 10 tahun Kabupaten Mesuji, Bupati Khamami meminta kepala desa (kades) di wilayah itu untuk mendata masyarakat yang berhak menerima baksos.

"Saya minta setiap kades segera data warganya penderita katarak dan bibir sumbing agar disampaikan ke dinas terkait. Begitupun data anak yang berminat ikut sunatan masal, agar secepatnya diusulkan. Aparat desa harus tanggap," imbuh Khamami, Rabu (31/10/18).

Sementara itu, Sulaiman, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Mesuji mengatakan baksos merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan hari ulang tahun ke-10 Kabupaten Mesuji yang ke-10 tahun. Kegiatan ini dihelat pada pertengahan Nopember di rumah sakit umum daerah Mesuji. 

"Imbauan ini agar setiap desa secepatnya mengusulkan daftar nama baik yang ikut sunatan masal, operasi katarak, juga operasi bibir sumbing. Agar semua masyarakat terbantu, mengingat waktu pelaksanaan sudah tidak lama lagi," tambah Selamet.

Menurutnya hingga kini, pihaknya bekerja sama dengan dinas kesehatan dan aparatur desa masih terus melakukan pendataan ditengah masyarakat. Terutama bagi masyarakat penderita mata katarak dan bibir sumbing.

Untuk sunatan masal, ada sekitar 300 anak bakal dikhitan. Kalau untuk operasi katarak dan operasi bibir sumbing belum pasti berapa orang, karena masih didata oleh pihak kesehatan, tukasnya.

Selain bakti sosial, Pemerintah Kabupaten Mesuji juga menggelar pameran pembangunan dan Festival Sungai Mesuji. (ish).

Berikan Komentar