Petani Kopi Lambar Dapat Bantuan Alsintan

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus secara simbolis menyerahkan bantuan alsintan dari Kemendes PDTT untuk kelompok tani di Pekon Rigisjaya, Kecamatan Airhitam

Harianmomentum.com--Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk para petani di Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Bantuan tersebut, secara simbolis diserahkan Bupati Lambar Parosil Mabsus kepada perwakilan Kelompok Tani (poktan) di Pekon/Desa Rigisjaya, Kecamatan Airhitam, Selasa (13/11/2018).

Bantuan alsintan ituberupa:  tiga roasting kap (alat pemanggang biji kopi), terdiri dari: dua unit  berkapasitas 3 Kg dan satu unit berkapasitas 5 Kg. Kemudin, 33 set mesin penyiang gulma, 200 lembar terpal jemur.  Mesin huller (pengupas padi) 19 unit, empat unit mesin pulper (pengupas biji kopi), satu unit mesin pencuci  biji kopi, satu ini mesin grader (perata lahan) dan dua unit mesin penggiling bubuk kopi.

Kepala Dinas Perkebunan Lambar Tri Umaryani mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) yang dialokasikan untuk program peningkatan produksi komoditas perkebunan.

"Program peningkatan produkis komoditas perkebunan di Lampung Barat antara lain meliputi: instesifikasi kopi robusta dengan luas areal tanam 100 hektare, peremajaan tanaman kopi robusta 630 hektare," kata Tri pada harianmomentum.com.

Bupati Lambar Parosil Mabsus mengatakan, pembangunan sub sektor perkebunan mempunyai peranan sangat penting dalam peningkatan perekonomian daerah.

Karena itu, lanjut dia, Pemkab Lambar menepatkan pengembangan komuditas kopi robusta sebagai prioritas program perkebunan.

"Gunakan bantuan ini dengan baik untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas kopi robusta sebagai komoditi perekebunan unggulan Kabupaten Lampung Barat," pintanya. (lem)


Berikan Komentar