Dekranasda Waykanan Tingkatkan Kualitas Produk Kerajinan Kain Tapis

Tanggal 20 Nov 2018 - Laporan - 2023 Views
Kain Tapis Lampung menjadi produk kerajinan unggulan Kabupaten Waykanan. Foto:ist

Harianmomentum.com--Kain tapis menjadi salah satu produk kerajinan unggulan  yang dikembangkan di Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung.

Upaya peningkatan kualitas dan pengembangan hasil produksi kerajinan kain tradisional Lampung itu terus dilakukan Pemkab Waykanan melalui dewan kerajinan nasional daerah (dekranasda) setempat.

Terkait hal tersebut, Dekranasda Waykanan menyelenggarakan Pelatihan Teknis dan Diversifikasi Produk Kain Tapis.

Pelatihan yang berlangsung di Balai Kampung Bratayhudah, Kecamatan Blambanganumpu itu dibuka Ketua Dekranasda Waykanan Desy Aprianti Adipati, Senin (19/11/2018).

Dessy Adipati dalam sambutanya mengatakan, hasil produksi kerajinan kain tapis di Waykanan saat ini sudah semakin baik. Meski demikian, kualitas dan pengembangan pemasaran hasil produksi tersebut perlu terus ditingkatkan.

"Masih banyak permasalahan yang dihadapi para perajin dalam upaya peningkatan dan pengembangan hasil produksi kain tapis. Terutama masalah keterbasan  permodalan dan pemasaran. Untuk itu, Dekranasda Waykanan menyelenggarakan pelatihan ini," kata Dessy.

Dia berharap, melalui pelatihan tersebut dapat membantu para perajin mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi, terutama terkait permodalan dan pengembangan hasil produksi.   

“Salah satu materi pelatihan ini adalan tentang diversifikasi produk. materi ini akan membahas teknis-teknis peningkatan kualitas dan pengembangan pemasaran produk kerajinan. Semoga lewat pelatihan ini, pemasaran produk kerajinan kain tapis di Waykanan, bisa semakin luas," harapnya.

Pembukaan pelatihan tersebut juga dihadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Imanto, Kepala Dinas Sosial Pardi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Akhmad Basyar serta  Camat Blambanganumpu Yustian Umri Sangon. (vit)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com