Dapenbun Sosialisasi Pengelolaan Dana Pensiun

Tanggal 22 Nov 2018 - Laporan - 1066 Views
Sosialisasi dana pensiun di PTPN VII. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Dana Pensiun Perkebunan (Dapenbun) Pusat melakukan sosialisasi kepada peserta aktif Dapenbun --karyawan PTPN VII-- yang memasuki pensiun 2018-2019, Kamis (22/11/2018).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII di Bandarlampung, dihadiri Direktur Utama Hanugroho, Direktur Operasional Dapenbun Didik Purwana, Pengurus P3RI Cabang PTPN VII, perwakilan Bank BTPN dan karyawan PTPN VII.

"Sebagai pengelola Dapenbun perlu menyampaikan apa saja program yang dikelola dan bagaimana hak-hak bapak-ibu pada saat memasuki pensiun," jelas Direktur Operasional Dapenbun Didik Purwana.

Pada sosialisasi juga disampaikan pemaparan dari organisasi pensiun P3RI sebagai wadah keanggotaan warga perkebunan pada saat pensiun, menyampaikan apa itu organisasi, fungsi dan hak dan kewajiban sebagai anggota P3RI.

Sebagai informasi terakhir, tambah Didik, baru saja dilakukan pengesahan perubahan PhDP (penghasilan Dasar pensiun) oleh Dapenbun setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham untuk ptpn tertentu.

Perubahan PhDP bisa dilakukan untuk PTPN yang mempunyai funding level di atas 100 persen dan mampu memenuhi iuran tambahan.

Selain itu, kini berlangsung proses pengalihan Dewan Pendiri Dapenbun dari PTPN X ke PTPN III karena posisi PTPN III selaku induk holding PTPN.

Sementara itu Hanugroho yang juga Dewan Pembina Dapenbun mengatakan hasil monotoring sejak November 2016, perjalanan Depenbun sampai sekarang masih relatif baik. Hanya saja, sekarang ini yang menjadi issue yakni adanya tambahan iuran yang angkanya cukup besar karena target pendapatan Depenbun.

Saat ini dari 14 PTPN yang memiliki funding level (rasio kecukupan dana) di Dapenbun yakni PTPN III, IV, V, VI, X, dan XI, dan PTPN lain rasionya masih di bawah 100 persen karena masih kesulitan keuangan.

"Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat membuka wawasan dan mengetahui adanya  perubahan yang ada di luar atau otoritas jasa keuangan," katanya.

Pada kesempatan itu, dia meminta kepada  teman-teman yang mewakili distrik, kantor perwakilan dan unit dapat menyampaikan  hasil sosialisasi ini kepada rekan-rekan yang berada ditempat kerja masing-masing. (rel).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan d ...

MOMENTUM, Jakarta -- Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan ...


Komisaris PTPN I: Waspadai Pestalotiopsis dan ...

MOMENTUM, Palembang -- Roda bisnis PT Perkebunan Nusantara (PTPN) ...


PT RPN Salurkan Dana TJSL kepada Anak Yatim d ...

MOMENTUM, Bogor – Dalam setiap proses bisnis, PT Riset Perkebun ...


Kebun Cinta Manis Siap Pasok Tebu Berkualitas ...

MOMENTUM, Ogan Ilir--Kebun tebu Cinta Manis yang dikelola PT Buma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com