Jumlah Perusahaan di Lampung Terbanyak Kedua di Sumatera

Tanggal 25 Mei 2017 - Laporan - 1775 Views
Sosialisasi hasil pendaftaran (listing) usaha/perusahaan Sensus Ekonomi 2016.

Harianmomentum--Iklim investasi di Provinsi Lampung semakin membaik. Berdasarkan data hasil Sensus Ekonomi (SE) Tahun 2016 yang dilakukan Badan Pusat Statisk (BPS) setempat, terjadi  peningkatan jumlah perusahaan di provinsi paling selatan  Pulau Sumatera itu.

    

Tahun 2016 jumlah perusahaan di Provinsi Lampung mencapai 783.286 atau meningkat 15,75 persen dibanding hasil SE Tahun 2006 yang hanya 632.620 perusahaan.

 

Berdasarkan data tersebut, menempatkan Provinsi Lampung pada peringkat kedua jumlah perusahaan terbanyak di  Sumatera setelah Provinsi Sumatera Utara yang mengalami tingkat pertumbuhan jumlah perusahaan sebesar 23,7%. Proporsi terkecil ditempati Provinsi Bangka Belitung dengan total persentase jumlah peningkatan perusahaan  2,56%.

 

“Jumlah perusahaan di Lampung merupakan yang terbanyak ke dua di Sumatera setelah Provinsi Sumatera Utara,“  kata  Kepala BPS Lampung  Yeane Irmaningrum S, saat sosialisasi hasil pendaftaran (listing) usaha/perusahaan Sensus Ekonomi 2016, Selasa (24/5).

 

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung itu mengusung tema  Menakar Besaran dan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Lampung.

 

Yeane memaparkan, berdasarkan hasil SE 2016, jumlah 783.286 perusahaan di Lampung itu dikelompokkan dalam 15 kategori lapangan usaha. Hal itu  merujuk Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2015.

 

Berdasarkan pengelompokan 15 kategori  lapangan usaha, maka jumlah perusahaan di Lampung meningkat 25,6% dibandingkan  hasil SE 2006 yang hanya 632,2 ribu usaha. 

 

Bila dibedakan menurut skala usaha, sebanyak 775.607 usaha atau 99,2% berskala usaha mikro dan kecil. Kemudian, sebanyak 7.679 atau 0,98% berskala usaha menengah besar.

 

"Ini berarti pertumbuhan usaha khususnya UMK sangat signifikan dalam menggerakkan perekonomian Lampung," kata Yeane Irmaningrum.

 

Sedangkan berdasarkan jenis lapangan usaha, perusahaan di Lampung didominasi perdagangan besar dan eceran. Lalu, reparasi/perawatan mobil dan sepeda motor sebanyak 450.062 usaha atau 57,46% dari total perusahaan. Sejalan dengan itu, jumlah tenaga kerja pun didominasi pekerja perdagangan dan reparasi yang mencapai 707.331 tenaga kerja atau 42,72% dari total tenaga kerja di Lampung.

 

Berdasarkan data tersebut,  sektor UMK menyerap tenaga kerja nonpertanian mencapai 1,43 juta orang (86,39%). Kategori perdagangan besar/eceran, reparasi/perawatan mobil dan sepeda motor tercatat menyerap tenaga kerja paling banyak mencapai 664,81 ribu orang atau delapan kali lipat dari tenaga kerja usaha menengah besar. 

 

Selain itu industri pengolahan, penyediaan akomodasi, penyediaan makan minum, dan pendidikan merupakan usaha yang menyerap tenaga kerja tertinggi di Lampung.

 

Sedangkan pada kategori perdagangan besar dan eceran, industri pengolahan, dan penyediaan akomodasi serta penyediaan makanan minuman, tercatat menjadi tempat pencaharian hampir 70% dari 1,66 juta pencari kerja di Lampung.

 

"Penguatan perekonomian Lampung tidak terlepas dari menguatnya aktivitas perekonomian. Usaha konstruksi, transportasi, pergudangan, informasi, komunikasi, dan jasa perusahaan adalah kategori usaha yang memperkuat pertumbuhan ekonomi Lampung. Sektor penyumbang kontribusi terbesar terhadap PDRB Provinsi Lampung adalah industri pengolahan sebesar 18,83 persen,” papar Yeane.

 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung Intizam mewakili Gubernur M.Ridho Ficardo  mengatakan hasil SE2016 dapat mengakselerasi pembangunan ekonomi Lampung. "Hasil yang diperoleh berdampak baik dan menjadi nilai jual perekonomian Lampung," kata Intizam.

 

Menurut dia, pertumbuhan signifikan itu  sejalan dengan naiknya daya saing Lampung ke posisi 14 nasional dari sebelumnya di posisi 26. Hasil SE 2016, bagi Provinsi Lampung, bakal jadi modal menarik minat pengusaha berinvestasi di Lampung. (Rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com