DPRD Lamteng Sahkan APBD Tahun 2019

Tanggal 03 Des 2018 - Laporan - 867 Views
Ketua DPRD Lamteng Junaidi menyerahkan draf pengesahan APBD tahun 2019 kepada Bupati Loekman Djoyosoemarto

Harianmomentum.com--Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) akhirnya mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019.

Pengesahan APBD tahun 2019 itu dilakukan melalui rapat paripurna yang dipimpin  Ketua DPRD Lamteng Junaidi Sunardi, Senin (26/11/2018).

Pada rapat paripurna tersebut terungkap, total APBD Kabupaten Lamteng tahun anggaran 2019 mencapai 2,712 triliun atau meningkat 7,33 persen dibanding tahun 2018 yang hanya Rp2,535 triliun lebih.

Sebelum disahkan, sejumlah fraksi di DPRD setempat menyampaikan padangan umum atas pengajuan rancangan APBD tersebut.Tanggapan fraksi tersebut, antara lain tentang perlunya peningkatan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dan pengoptimalan realisasi retribusi pajak serta pembentukan samsat pembantu di wilayah barat dan timur kabupaten setempat.

Ketua DPRD Lamteng Junaidi menandatangani nota pengesahan APBD tahun anggaran 2019

Menanggapi pandangan umum fraks-fraksi tersebut, Bupati Loekman Djoyosoemarto menyampaikan: peningkatan PAD sudah menjadi komitmen Pemkab Lamteng. Upaya peningkatan PAD tersebut, antara lain dilakukan dengan menggali dan mengembangkan potensi yang ada.

“Peningkatan PAD merupakan komitmen Pemkab Lampung Tengah. Karena itu, kita membentuk tim intesifikasi pemasukan daerah untuk menarik objek pajak,” kata Loekman.

Terkait harapan adanya kantor samsat pembantu, menurut Loekman, hal tersebut memang sudah menjadi perhatian.

”Kita sudah koordinasi dan usulukan kepada Pemerintah Provinsi Lampung tentang perlunya kantor samsat pembantu.Usulan ini masih dipertimbangkan oleh provinsi,  karena harus melibatkan pihak  kepolisian dan jasa raharja," terangnya.

Begitu juga dengan masalah penambangan pasir. Loekman mengatakan, Pemkab Lamteng sudah berkoordinasi dengan  provinsi.

"Kewengangan perizinan pertambangan pasir, ada di pemerintah provinsi. Karena itu, untuk menangani masalah pertambangan ini, kita sudah koordinasi dengan pemerintah provinsi," ungkapnya.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menandatangani nota pengesahan APBD tahun angggaran 2019

Atas pengesahan APBD tersebut, Loekman menyamapikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran DPRD yang telah bekerja keras melakukan pembahasan RAPBD yang diajukan pemkab setempat.

"Pengesahan APBD ini bukti terjalinan sinergi dan koordinasi yang baik, antara legislatif dan eksekutif di Kabupaten Lampung Tengah. Semoga ke depan  koordinasi dan sinergi ini akan semakin kuta untuk menyukseskan program pembangunan di Lampung Tengah," harapnya. (adv)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Kunjungi Keluarga Dini, Pelajar yan ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawa ...


Tahun 2023, Realisasi KUR Pertanian Tembus Rp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Realisasi kredit usaha rakyat (KUR) untu ...


Bupati Pesawaran Apresiasi Gerakan Sinergi Re ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Gerakan Sinergi Reforma Agraria adalah bu ...


Gelar Lampung Half Marathon, Pemprov Libatkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi kembali menggelar L ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com