Wagub Bachtiar Jadi Ketua Dewan Pembina Harian Pelukis

Tanggal 05 Des 2018 - Laporan - 829 Views
Abrory A. Djabbar dan Bachtiar Basri. Foto. Ist.

Harianmomentum--Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Bachtiar Basri dilantik sebagai Ketua Dewan Pembina Harian Komunitas Pelukis Indonesia (Kompi) Lampung  periode 2018-2021.

Pelantikan dilakukan Ketua Umum Kompi, Semilang Suttan Fanhar, didampingi Ketua Dewan Pembina Kompi Pusat Abrory A. Djabbar, di Ruang Abung Balai Keratun, Rabu (5/12/18).

Dalam sambutannya, Semilang mengapresiasi dukungan dan kepedulian Wagub Bachtiar kepada komunitas pelukis. Melalui dukungan ini, dia berharap program Kompi dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan seni rupa di Provinsi Lampung.

Menurut dia, saat ini kondisi seni rupa di Lampung  mati suri. Hal tersebut karena  beberapa faktor. Di antaranya karena terbatasnya pasar hasil karya pelukis dan tempat pameran lukisan. Padahal, karya pelukis Lampung tidak kalah dari daerah yang terkenal seni dan budaya seperti Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

“Hasil karya pelukis Lampung tidak kalah dengan daerah lain. Kita berharap nantinya Lampung dapat dijadikan sebagai sentra seni rupa khususnya untuk Sumatera,” ujar Semilang.

Hal senada diungkapkan Ketua Dewan Pembina Kompi Pusat Abrory A. Djabbar. Dia mengungkapkan jika potensi para pelukis ditingkatkan dan pasar  lukisan dikembangkan, dia yakin  Lampung mampu menjadi inspirasi derah lain.

“Lampung akan menjadi pilar kebudayaan yang kuat dan menjadi inspirasi bagi Indonesia,” kata Abrory.

Terkait hal ini, Bachtiar Basri berharap kehadiran Kompi di Lampung mampu menjadi pemicu kebangkitan lebih banyak karya seni rupa di Lampung. Kemudian, dapat membuka peluang pasar lukisan di Lampung yang akan membawa kesejahteraan bagi para pelukis. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com