Menikmati Wisata Pesisir Barat dari Sumatra Surf Resort

Tanggal 01 Jan 2019 - Laporan - 4954 Views
Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat. Foto:ist

Harianmomentum.com--Kabupaten Pesisir Barat punya potensi besar di bidang pariwisata. Dengan panjang garis pantai lebih kurang 210 kilometer yang langsung menghadap Samudera Indonesi, Kabupaten Pesisir Barat diprediksi dapat menjadi salah satu  destinasi wisata unggulan di Provinsi Lampung, bahkan Indonesia.

Prediksi itu tentu tidak berlebihan, selain kondisi pantai yang sebagian besar masih alami, konon ombak pantai Kabupaten Pesisir Barat disebut sebagai yang terbaik kedua didunia untuk aktvitas olahraga surfing, setelah kepulauan Hawai di Samudera Pasifik.

Dengan kondisi itu, tak heran jika Kabupaten Pesisir Barat selalu menjadi buah bibir para pelancong lokal dan pencinta olahraga surfing dari berbagai penjuru dunia.

Anda yang belum pernah ke Kabupaten Pesisir Barat, tentu ingin tahu sensasi dan fasilitas wisata apa saja yang bisa dinikmati jika berkunjung  kabupaten termuda di Provinsi Lampung itu.

Menikmati sensasi surfing dan sunset di pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat. Foto:ist

Untuk mencapai Kabupaten Pesisir Barat bisa ditempuh melalui jalur darat dengan jarak lebih kurang 127 kilometer dari Kota Bandarlampung. Dari Bandarlampung, anda harus melalui rute Jalan Lintas Barat Sumatera dengan waktu tempuh 4 sampai 5 jam perjalan menggunakan mobil atau sepeda motor. 

Anda tentu tidak perlu khawatir akan merasa jenuh perjalan tersebut.Sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan panoram alam nan asri. Perkampungan penduduk dengan suasana pedesaan yang sejuk, jalan menanjak berkelok membelah hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) tentu akan memberikan sensasi yang mungkin belum pernah anda rasakan sebelumnya, sekaligus menghilangkan penat selama menempuh perjalanan.

Gapura perbatasan Kabupaten Pesisir Barat di Jalan Lintas Barat Sumatera, kawasan TNBBS. Foto:ist

Sesampainya di Pesisir Barat, tentu banyak obyek wisata pantai yang bisa menjadi pilihan anda menghabiskan masa berlibur dengan keluarga atau rekan kerja. Salah satunya kawasan wisata Pantai Tanjung Setia.

Kawasan Pantai Tanjung Setia yang terletak di Kecamatan Pesisir Selatan memang menjadi tujuan utama para wisatawan lokal dan mancanegara, terutama para pecinta olahraga surfing. Ombak pantai Tanjung Setia inilah yang disebut-sebut sebagai yang terbaik kedua di dunia untuk olah raga surfing. Pada waktu-waktu terbaik, Ketinggian ombak di Pantai Tanjung Setia bisa mencapai enam hingga tujuh meter dengan panjang lebih kurang 200 meter.

Gapura kawasan wisata Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat. Foto:ist 

Selain bersurfing ria, di  pantai ini anda juga bisa melakukan aktivitas laijn yang menyebangkan, seperti menikmati sensasi  matahari tenggelam (sunset). 

Soal penginapan jangan khawatir, di sepanjang Kawasan Wisata Pantai Tanjung Setia terdapat banyak cottage (pondok tempat menginap) dengan berbagai fasilitas yang sangat memanjakan. Salah satunya Sumatra Surf Resort.

Sumatra Surf Resort berdiri di atas lahan seluas lebih kurang seribu meter persegi di tepi kawasan Pantai Tanjung Setia.

Deretan cottage Sumatra Surf Resort di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat. Foto:ist

Sumatra Surf Resort memilik 13 cottage berupa rumah-rumah berbentuk panggung yang berdiri dibawah hamparan pohon-pohon kepala. Satu cottage bisa dihuni dua hingga tiga orang, atau satu keluarga kecil.

Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp400 ribu hingga Rp550 ribu per malam. Sumatra Surf Resort juga juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas: kolam renang di tepi patai, restoran, longe bar dan saran olahraga: billiar dan tenis meja.

Direktur Sumatra Surf Resort Reymon Lekatompessy mengatakan mulai beroperasi pada tahun 2014. Di Sumatra Surf Resort, anda  juga bisa  mencoba bersurfing dengan menyewa papan selancar berikut instruktur.

Fasilitas longe bar Sumatra Surf Resort, Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat. Foto:ist

"Untuk penyewaan papan selacar hanya Rp150 ribu per hari, itu sudah termasuk instruktur yang akan memandu teknik-teknik surfing," kata  Reymon Lekatompessy.

Menurut Reymon, biasanya cottage-cottage di kawasan Pantai Tanjung Setia akan dipenuhi pengujung pada periode bulan April hingga Setember.

"Bulan April hinggia September ombak sedang bagus-bagusnya  untuk olahraga surfing. Jadi banyak pengunjung yang datang terutama wisatawan mancanegar," ungkapnya.

Selian itu, pada periode bulan April hingga September juga banyak digelar berbagai even wisata oleh pemerintah kabupaten setempat, antara lain: Festival Teluk Stabas, Festival Pulau Pisang dan Kejuaraan Surfing Internasional Krui Pro.

Fasilitas kolam renang  Sumatra Surf Cottege yang langsung menghadap Pantai Tanjung Setia. Foto:adw

"Sumtra Surf Resort selalu mengutamakan pelayanan terbaik kepada pengunjung dengan harga terjangkau. Jadi jangan ragu, kalau main ke Pesisir Barat minepnya di sini," ajak Reymon. 

Bukan hanya kawasan Pantai Tanjung Setia, di Kabupaten Pesisir Barat juga banyak obyek wisata pantai lainya yang tidak kalah menarik, antara lain: Pantai Mandiri, Pantai Labuhan Jukung, Pantai Tembakak, Pulau Pisang dan Penangkaran Penyu di Pekon/Desa Muaratembulih, Kecamatan Ngambur

Keluarga besar Harianmomentum menimakti pelayanan fasilitas Sumatra Surf Resort, di kawasan wisata Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat. Foto: adw   

Kalau bosan dengan suasana pantai, anda juga bisa mengunjungi obyek wisata alam lainnya, seperti: kawasan perkebunan damar mata kucing, wisata religi Goa Matu. Eko wisata Pemerihan, atau bertraviing menikmati keasrian flora dan fauna Tanaman Nasional Bukit Barisan Selatan di kawasan wisata Rhino Camp di Kecamatn Bengkunat. (adw)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com