Lamtim Kembangkan Pariwisata Berbasis Potensi Desa

Tanggal 15 Jan 2019 - Laporan - 821 Views
Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menghadiri acara peringatan HUT ke 50 Desa Labuhanratu VII

Harianmomentum--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) terus melakukan upaya pengembangan sektor wisata. Upaya tersebut dilakukan berbasis kemasyarakatan dan potensi desa.  

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Lamtim Zaiful Bokhari saat menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 50 Desa Labuhanratu VI, Kecamatan Labuhanratu, Selasa (15-1-2019).

"Acara HUT ini sejalan dengan program pengembangan sektor pariwisata yang dilaksanakan Pemkab Lampung Timur yang berbasis masyarakat dan potensi desa," kata wabup.

Wabup menerangkan, sebagai implementasi dari program tersebut, Pemkab Lamtim gencar melaksanakan gerakan Desa Wisata.

"Gerakan Desa Wisata  diawali mengidentifikasi potensi dan daya tarik desa. kemudian menyusun struktur kelembagaannya dan melakukan pembinaan kelompok masyarakat sadar wisata," terangnya. 

Menurut dia, gerakan Desa Wisata sejalan dengan tren pariwisata saat ini yang tidak hanya mengadalkan  keindahan alam: pantai, gunung atau tempat hiburan di wilayah perkotaan.

"Tren pariwisata saat ini adalah wisata konservasi, budaya dan kearifan lokal serta pariwisata pedesaan seperti Festival  Desa Labuhanratu VI yang saat ini kita laksanakan," terangnya.

Dia berharap, selain menarik minat kunjungan wisata, Festival Desa Labuhanratu VI dapat menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masayarakat.

Kepala Desa Labuhanratu VI Prayitno mengatakan rangkaian kegiatan HUT tersebut, sudah dimulai sejak tanggal 28 Desember 2018.

"Beberapa kegiatan sudah kita laksanakan sejak tanggal 28 Desember lalu, antara lain: kompetisi sepak bola, dzikir bersama. Hari ini merupakan acara puncak yang kita laksanakan dengan konsep festival," kata Prayitno.

Rangkaian acara Festival Desa Labuhanratu VII, antara lain: proses adat sungkeman massal,tumpengan, pawai budaya dan  hiburan rakyat yang diselenggarakan pada malam hari. (rif)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com