Bupati Lamtim Canangkan Germas Hidup Sehat

Tanggal 17 Jan 2019 - Laporan - 1120 Views
Bupati Lampung Timur Chusnunia mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Harianmomentum.com--Upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Diperlukan dukungan dan peran aktif seluruh elemen, untuk mewujudkan hal itu.

Demikian disampaikan Bupati Lampung Timur (Lamtim) Chusnunia saat mencanangkan Gerakan  Masyarakat (Germas) Hidup Sehat, di Lapangan Desa Totoprojo, Kecamatan Waybungur, Kamis (17-1-2019).

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Kesehatan berkomitmen terus menggiatkan pola hidup sehat. Salah satunya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang hari ini kita canangkan," kata bupati.

Menurut bupati, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat itu, perlu peran aktif seluruh elemen. Tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah.

“Masyarakat harus terus menerapkan budaya pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan bergizi dan membiasakan hidup bersih. Itu salah satu bentuk peran aktif mendukung upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang dilakukan pemerintah," terangnya.

Bupati memaparkan, kegiatan Germas antara lain meliputi:  peningkatan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin pada 1000 HPK (hari pertama kehidupan). Kemudian, gemar makan ikan/telur, memakai jamban sehat, tidak merokok, imunisasi dasar lengkap, pencegahan stunting dan melakukan kebiasaan CTPS (cuci tangan pakai sabun).

Pada pecanangan Germas kali ini, selain senam bersama, diadakan pula beberapa kegiatan seperti: aksi cuci tangan pakai sabun, makan buah bersama, pemberian tablet tambah darah pada remaja putri. Lalu: pemberian PMT(Pemberian Makanan Tambahan) pada Bumil Kek (Ibu Hamil Kurang Energi Kronis) dan balita gizi kurang.

Pada kesempatan itu, bupati juga meninjau pelayanan di Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) dan tempat pelayanan kesehatan, serta mengunjungi pelayanan KB Implant dan pemeriksaan ibu hamil. (rif)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com