Bediom Jadi Ajang Persatukan Keragaman Adat Lambar

Tanggal 28 Jan 2019 - Laporan - 789 Views
Silaturahmi masyarakat Lambar saat Bupati Parosil Mabsus menempati rumah dinas. Foto. Lem.

Harianmomentum--Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus mulai Senin, 28 Januari 2019, menempati rumah dinas di Pekon/Desa Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit.

Sebelum menempati rumah yang berada di atas bukit dengan pemandangan Kebun Raya Liwa itu, sejak 2018, Bupati Parosil tinggal di rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda) Lambar di Kelurahan Waykengaku.

Parosil menjadikan momen pindah rumah atau bediom (bahasa Lampung setempat) sebagai ajang silaturahmi akbar. Tidak hanya para pejabat, tetapi masyarakat Lambar juga turut mengantarkan pimpinan mereka menempati rumah baru.

Suarana silaturahmi itu berlangsung meriah. Masyarakat Lambar yang kaya dengan budaya dengan keragaman suku, masing-masing unjuk kegembiraan dengan menampilkan kesenian mereka.

"Silaturahmi Akbar ini untuk merayakan keberagaman adat an budaya masyarakat Lampung untuk menuai persatuan dan kesatuan," ujar Parosil. 

Dengan silaturahmi dan penampilan seni budayanya, membuat seluruh masyarakat dapat berkumpul di satu tempat dengan satu tujuan. "Kesenian dan kebudayaan adalah salah satu aset bangsa untuk merajut kebersamaan," katanya. 

Dengan sikap saling menghargai dengan adanya kebhinekaan, tentu, konflik tidak akan timbul di antara masyarakat setempat.

Parosil mengatakan, dengan terjalinnya kesatuan antar suku, adat dan budaya, merupakan kekayaan yang harus dijaga dan membuat masyarakatnya bangga. 

"Harapannya, masyarakat bersinergi bersama pemerintah daerah untuk tetap melestarikan budaya leluhur di dalam kehidupan," katanya.

Parosil berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu mengingat apapun agama, suku dan setinggi apapun jabatannya tujuan tetap satu yaitu bersama memajukan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera. (lem)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bupati Buka Tanggamus Expo 2024 ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsa ...


Hadirkan Ribuan Anggota IKAPTK, Sulpakar Kena ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadirkan tidak kurang 2000-an anggot ...


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com