PMI Tulangbawang Gelar Pertemuan Forum PMR

Tanggal 28 Jan 2019 - Laporan - 1916 Views
Forum Pelang Merah Remaja Indonesia di Tulangbawang. Foto. Rhm.

Harianmomentum.com--Palang Merah Indonesia (PMI) Tulangbawang menggelar pertemuan Forum Palang Merah Remaja Indonesia (Forpis) dan bimbingan teknis posko.

Acara yang dibuka oleh Ketua PMI Tulangbawang Sopii Azhari, ini berlangsung pada 28-30 Januari 2019 di Gedung Pemberdayaan Perempuan Tulangbawang, Senin (28-1-2019). Pesertanya, 28 pelajar SMK dan SMA se-Kabupaten Tulangbawang dan Mesuji.

Sopii menjelaskan, kebijakan federasi melibatkan remaja dilakukan sejak 1999. Remaja perlu dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan, mulai dari yang terkait dengan kebijakan, program, maupun kegiatan.

Beberapa perhimpunan nasional telah menindaklanjuti dengan mengadakan youth forum yang memilih Youth Leader atau Youth President mulai dari tingkat nasional, daerah, dan cabang. 

Selama Jumpa, Bakti, Gembira (Jumbara) Nasional VI 2006, Palang Merah Indonesia (PMI) telah menginisiasi proses ini dalam kegiatan dan ngobrol bareng Palang Merah Remaja (PMR) yang hasilnya menjadi program kerja bidang PMR.

Dijelaskan Sopii, pada 2007, Forum Remaja Palang Merah Indonesia Nasional I dilaksanakan pada bulan Agustus sekaligus memperingati Hari Remaja Internasional. 

Forum ini merancang program kerja Pembinaan PMR 2008, sekaligus mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. 

Dalam forum ini juga memilih Presiden Remaja (Presja) I yaitu Dorkas, perwakilan PMI Daerah Sulawesi Barat. Strategi jangka panjang, forum ini juga akan terlibat aktif dalam pembahasan topik-topik di tingkat internasional.

Forpis merupakan kumpulan perwakilan PMR untuk menyalurkan dan mengkoordinir aspirasi PMR mula, madya, dan wira. 

Tujuannya, meningkatkan peran aktif PMR dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan PMI. Kedudukan Forpis berada di tingkat pusat, daerah, dan cabang. Forpis tidak mempunyai kepengurusan sehingga dalam melaksanakan fungsinya dikoordinir oleh Presja atau Presiden Remaja (Forpis Nasional), Koordinator Daerah atau Korda (Forpis Daerah), dan Koordinator Cabang atau Korcab (Forpis Cabang).

Peserta Forpis adalah para ketua PMR wira, atau perwakilan unit PMR yang mempunyai karakter kepemimpinan. Forpis mengadakan pertemuan minimal setahun sekali di tingkat pusat, 6 bulan sekali ditingkat daerah, dan 3 bulan sekali ditingkat cabang. 

Pembahasan Forpis adalah topik-topik strategis pengembangan PMR mula, madya, dan wira yang kemudian dilaksanakan oleh seluruh anggota PMR dengan pendekatan Youth Center, paparnya. (rhm).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com