Agus Istiqlal Hadiri Rakor Pemerintahan Pekon

Tanggal 30 Jan 2019 - Laporan - 645 Views
Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal. Foto. Asn

Harianmomentum.com--Rapat Koordinasi (rakor) Pemerintah Pekon se-Kabupaten Pesisir Barat berlangsung di Gedung Serbaguna Selalaw, Pantai Labuhanjukung, Rabu (30-1-19), dihadiri sekitar 500 orang.

Sekitar pukul Pukul 10.30 WIB, rakor dibuka oleh Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal. Rakor dihadiri peratin (kepala pekon/desa) se-Pesisir Barat, para camat, dan pejabat terkait di kabupaten setempat.

Agus mengharapkan kepada seluruh peratin dan aparat pekon agar bisa berkoordinasi dan netral pada pelaksanaan pemilu serentak pada 17 April mendatang.

"Peratin merupakan ujung tombak pemerintahan pekon. Diharapkan kepada seluruh peratin bisa amanah dalam mengemban tugas dan kewajiban sebagai pimpinan tertinggi di pekon yang dipimpinnya, " jelas Agus.

Disamping itu, pemerintah daerah juga berkewajiban mendorong terselenggaranya otonomi pekon bagi pekon-pekon yang berada diwilayahnya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan pekon dapat mencapai tujuannya, yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Menyelenggarakan otonomi pekon, merupakan wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga pekon. Pekon memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul pekon, disamping kewenangan lain berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Yaitu, pertama, menetapkan peraturan pekon, kedua menyelenggarakan pemerintahan pekon, ketiga memiliki pimpinan pemerintah pekon, keempat memiliki kekayaaan pekon, kelima menggali dan menetapkan sumber-sumber pendapatan pekon.

Keenam memberdayakan masyarakat pekon untuk bergotong royong dan berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan, dan ketujuh mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga pekon, terangnya.

Menyelenggarakan kewenangan pekon, dibutuhkan kepala pekon yang mampu dan memahami kebutuhan pekon serta masyarakatnya.

Proses pemilihan kepala pekon telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dengan mekanisme serta persyaratan tertentu yang nantinya bisa mampu memunculkan kepala pekon yang mendapat dukungan oleh sebagian besar dari masyarakat pekonnya.

Kepala pekon mengemban amanat yang berat dalam menyelenggarakan pemerintahan pekon. Karena itu, kepala pekon harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat pekon, demi membangun serta memajukan pekon dan warganya, imbuhnya.

Selain itu, Agus juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan pemilu setentak pada pada 17 April mendatang.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pesibar, Erlina, staf ahli bupati, para asisten dan seluruh OPD Pesibar. (asn)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


Gelar Buka Bersama, Apdesi Sungkai Utara Baha ...

MOMENTUM, Sungkai Utara--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indones ...


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com