Pemkab Lambar Bakal Bangun Dua Pasar Rakyat

Tanggal 30 Jan 2019 - Laporan - 846 Views
Ilustrasi Pasar Rakyat.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat bakal membangun dua pasar rakyat tipe D dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pasar di Dinas Koperasi, UKM, Perindustian dan Perdagangan Lambar, Salafudin kepada kontributor harianmomentum.com, Rabu (30-1-2019).

"Tahun ini hanya ada pembangunan pasar di dua tepat saja. Yakni, Pasar Rakyat Pagardewa, Kecamatan Sukau dan Pasar Rakyat Basongan Kecamatan Pagardewa.

Salafudin mengatakan untuk pembangunan pasar hanya menyentuh pasar rakyat yang merupakan pasar dengan tipe D atau pasar yang hanya beroprasi satu kali dalam sepekannya.

Dalam pembangunan pasar rakyat ini, lanjut Salafudin, menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2019 yang mencapai Rp2,9 miliar. Untuk Pasar Rakyat Pagardewa alokasinya sebesar Rp1,4 miliar dan Pasar Rakyat Basongan Rp1,4 miliar.

"Saat ini telah masuk tahap perencanaan. Pelaksanaannya diperkirakan usai Idul Fitri tahun ini," katanya.

Salafudin menambahkan, pembangunan itu diutamakan untuk pembuatan los pedagang dan penataan irigasi serta parkir pasar tersebut.

"Pembangunannya untuk los pasar supaya pedagang dan pembeli nyaman. Selain itu, drainase dan parkir," jelasnya.

Masih kata Salafudin, sebenarnya Lambar memiliki 40 pasar. Namun, dari jumlah tersebut terbagi menjadi tiga tipe. Yakni, tipe B untuk pasar yang beroprasi lebih dari tiga kali sepekan. Serta, untuk tipe C beroprasi dua kali sepekan dan pasar rakyat yang masuk dalam tipe D beroprasi hanya sekali dalam seminggu.

"Seperti Pasar Liwa yang masuk tipe B selain itu Pasar Tuguratu, Pekon Pungkalan, Kecamatan Suoh dan Pasar Bandar Betung, Kelurahan Sekincau, Kecamatan Sekincau masuk tipe C. Selebihnya merupakan tipe D," paparnya.(rsp/lem) 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kirab Drumband dan Mobil Hias Meriahkan HUT k ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ...


Hebat! Pemkot Metro Olah Sampah Organik Jadi ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memaksimalkan pe ...


Waspada! Kasus DBD Terus Meningkat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Lam ...


DLH Metro Tunggul AMDAL TPAS Sistem Controlle ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro  me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com