Ribuan Aparatur Desa Demo DPRD Pesisir Barat

Tanggal 11 Feb 2019 - Laporan - 1070 Views
Para peratin dan aparatur desa unjuk rasa di depan Sekretariat DPRD Pesisir Barat.Foto. Agung Sutrisno.

Harianmomentum.com--Ribuan massa yang terdiri dari peratin (kepala desa) dan aparatur pekon (desa) berunjuk rasa di halaman Sekretariat DPRD Pesisir Barat, Senin (11-2-19).

Dalam orasinya, pengunjuk-rasa itu mempersoalkan dana reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat yang, menurut mereka, tidak digunakan secara benar.

Mereka meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit dana reses DPRD Pesisir Barat sejak 2014.

"Kami siap memberikan keterangan secara lengkap kepada BPK, dengan catatan permintaan kami untuk audit dana reses DPRD dengan peratin bisa ditindaklanjuti," ucap Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Pesibar, Arief Mufti, dalam orasinya.

Arief mengancam akan menurunkan massa lebih banyak, jika BPK tidak segera memberikan perhatian khusus untuk mengaudit dana dimaksud. 

"Kalau tidak ditindaklanjuti, kami siap menurunkan APDESI se-Provinsi Lampung," katanya.

Selain itu, pengunjuk-rasa juga menuntut Ketua DPRD Pesibar, Piddinuri, menyampaikan permohonan maaf secara resmi terkait statemen Ketua DPRD di media sosialnya. 

"Kami ini adalah pelayan masyarakat di tingkat terbawah. Jangan sedikit-sedikit apa yang kami lakukan salah. Untuk itu Ketua DPRD harus menyampaikan permohonan maaf secara resmi di media online maupun cetak karena apa yang disampaikannya itu bohong," tandasnya.

Aksi tersebut mendapat respon dari beberapa anggota legislatif setempat, dengan mempersilakan pengurus Apdesi kabupaten dan para ketua Apdesi kecamatan bermusyawarah dengan ketua DPRD di ruangan khusus.

Sayangnya musyawarah tersebut berlangsung tertutup untuk media. Sejumlah wartawan yang meliput unjuk rasa itu pun kecewa. (asn).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo, Herman: Ja ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh ...


Jelang Pilkada, Kepala Daerah Dilarang Rollin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Beberapa bulan ke depan, sejumlah daerah ...


Gerindra Lampung Belum Fokus Pilkada 2024, Gi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Nama-nama kader Gerindra Lampung kian ha ...


PAN Lampung Fokus Jaring Calon Kepala Daerah, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi pemilihan kepala daerah (pilk ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com