Lomba Mendongeng di Pringsewu Diikuti 20 Pelajar SD/MI

Tanggal 20 Mar 2019 - Laporan - 1034 Views
Lomba bercerita (mendongeng) di Kabupaten Pringsewu. Foto. Lis.

Harianmomentum.com--Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Pringsewu menggelar lomba mendongeng yang diikuti 20 pelajar sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Pringsewu, Selasa (30-3-2019).

Lomba yang berlangsung di aula Kantor Pol PP Pringsewu, itu dibuka oleh Assisten III Sekkab Pringsewu Alwi Siregar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daearah Pringsewu Nur Kuncoro Ningsih mengatakan, lomba ini digelar untuk memeriahkan HUT ke-10 Kabupaten Pringsewu. Sekaligus memperingati Hari  Kunjung Perpustakaan serta Bulan Gemar Membaca.

"Lomba bercerita dan mendongen ini juga bersifat berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi bahkan tingkat nasional," terangnya 

Materi dongeng yang dilombakan bersumber dari buku cerita rakyat daerah Lampung. Kriteria cerita disesuaikan dengan mengurangi unsur kekerasan, pembunuhan, perebutan kekuasaan, percintaan dan  romantisme.

Kegiatan ini bertujuan menumbuh budaya gemar membaca di kalangan anak-anak. Juga, untuk menanamkan cinta budaya bangsa, membangun karakter, dan kecerdasan. Yang digali dari khazanah budaya lokal.

Juara pertama hingga harapan tiga, diberikan dana  pembinaan. Khususnya juara pertama akan mewakili Pringsewu di tingkat provinsi pada Mei atau Juni mendatang, katanya.

Sementara Alwi Siregar menilai penting lomba bercerita (mendongeng) sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan budaya gemar membaca dan gemar belajar sejak anak-anak.

Mendongeng itu banyak manfaatnya bagi anak. Antara lain mengasah kecerdasan psikologis, mengontrol emosi, mengembangkan daya imajinasi anak, memperkaya kosa kata dan melatih berinteraksi.

"Saya berharap ke depan lomba ini ditingkatkan lagi kualitasnya, terutama bagi bagi anak AD dan MI," katanya. (lis).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yayasan Alfian Husin Bagikan 100 Nasi Kotak k ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Setelah membagikan 100 nasi kotak se ...


Gandeng Gramedia dan FLL, Fakultas Adab UIN G ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Untuk meningkatkan pemahaman akan penti ...


Cegah Kekerasan Seksual, PSGA UIN Raden Intan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lemb ...


Dosen UIN Raden Intan Lampung Syiar Ramadan d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dosen Fakultas Syariah Universitas Islam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com