Puncak Peringatan HUT ke 22 Kabupaten Tanggamus, Upacara Bendera Hingga Prosesi Mengan Balak

Tanggal 24 Mar 2019 - Laporan - 1026 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke 22 Kabupaten setempat

Harianmomentum.com--Puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 Kabupaten Tanggamus ditandai dengan penyelenggaraan upacara bendera. Bupati Tanggamus Dewi Handajani berntindak sebagai inspektur upacara yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kotaagung itu, Kamis (21-3-2019).

Selain jajaran pemkab, upacara peringatan HUT ke 22 Kabupaten Tanggamus juga diikuti: jajaran forum komunikasi pimpinan daerah, TNI/Polri, para pelajar dan mahasiswa, perwakilan oganisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Upacara diawali dengan penampilan aksi drumband pelajar SD Negeri 4 Kuripan dan SUPM Kotaagung. Kemudian  dilanjutkan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tanggamus oleh Ketua DPRD Heri Agus Setiawan.

Bupati Dewi Handajani dalam amantnya mengajak seluruh elemen di kabupaten setempat menjadikan peringatan HUT tersebut sebagai momentum memperkuat sinergi, untuk mencapai visi pembangunan yang telah ditetapkan.

"Peringatan HUT ini momentum untuk mengenang jasa para pendiri Kabupaten Tanggamus sekaligus memperkuat sinergi mewujudkan visi Tanggamus  Tangguh, Agami, Mandiri dan Sejahtera," kata bupati.

Bupati Tanggamus menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya kepada sejumlah ASN

Bupati menerangkan sebagai bentuk komitmen melanjutkan perjuangan mewujudkan cita-cita pembentukan Kabupaten Tanggamus, pada tahun 2019 pemkab akan memulai pelaksanaan rencana pembangunan jalan lingkar luar Gisting-Kotaagung.

"Pembangunan ruas jalan lingkar luar Gisting-Kotaagung merupakan bentuk antisipasi terhadap kondisi jalan nasional lintas barat Sumatera  yang rawan longsor. Jalan lingkar luar tersebut akan menghubungkan Gisting dan Kotaagung dengan perkiraan panjang 19 kilometer. Tahun anggaran 2019 telah dianggarkan untuk studi kelayakan jalan tersebut," paparnya.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan penghargaan  Satya Lencana Karya Satya kepada  50 aparatur sipil  negara (ASN) setempat.

Rincianya: Satya Lencana Karya Satya pengambdian 30 tahun kepada  34 ASN ,  Satya Lencana Karya Satya Pengabdian 20 tahun kepada enam ASN dan  Satya Lencana Karya Satya pengabdian  10 tahun kepada 10 ASN. 

Bupati Tanggamus Dewi Handajani bersama jajaran forkopimda melakukan tabur bunga di taman makam pahlawan setempat   

Usai upacara, bupati bersama jajaran forkopimda menggelar prosesi tabur bunga diTaman Makam Pahlawan Bahagia, Pekon Kagungan, Kecamatan Kota Agung Timur.

Rangkaian acara puncak peringatan HUT ke 22 Kabupaten Tanggamus dilanjutkan dengan prosesi adat Lampung Mengan Balak.

Acara yang dihelat di kawasan Ruang Terbuka Hijau,Taman Soekarno Hatta, Kotaagung itu Raja Kerajaan Adat Paksi Buay Pernong Pakspak Skala Bekhak Edward Syah Pernong gelar Sultan Pangeran Raja Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi Yang Dipertuan di Skala Bekhak XXIII.  

Kehadiran Sultan Paksi Buay Pernong Paksipak Skala Bekhak disambut dengan iringan atraksi pencak silat dan tabuhan alat musik tradisional Lampung.

Pada kesempatan ini turut mengawal Sultan Skala Bhkak didamping Wakil Panglima Pengitokh Alam Tanggamus Mirza, Wakil Panglima Pengitokh Alam Pringsewu Elvin serta Panglima Pengitokh Alam Wilayah Alif Jaya.

Raja Kerajaan Adat Paksi Buay Pernong Pakspak Skala Bekhak Edward Syah Pernong gelar Sultan Pangeran Raja Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi Yang Dipertuan di Skala Bekhak XXIII menyampaikan sambutan prosesi mengan balak HUT ke 22 Kabupaten Tanggamus

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan jika dimaknai secara harfiah, Mengan Balak berarti makan besar. Namun sebenarnya maknanya luas yang terkandung dalam acara adat itu adalah bentuk kebersamaan dalam segala hal yang bersifat positif.

"Acara adat seperti ini harus terus kita lestarikan sebagai bagain dari menjag budaya kearifan lokal masyarakat Lampung yang diwariskan turun-temurun," kata bupati. (glh/jal)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


DPRD dan Disnakertrans Lampung Selatan Bahas ...

MOMENTUM, Kalianda--Panitia Khusus Badan Anggaran DPRD Lampung Se ...


DPRD Lamsel Soroti Lampu PJU Rusak dan Lahan ...

MOMENTUM, Kalianda -- DPRD Lampung Selatan menyoroti lampu penera ...


DPRD Lampung Selatan Minta Dinas Koperasi Leb ...

MOMENTUM, Kalianda--Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan menya ...


Pansus DPRD Lampung Selatan Usulkan Tarif Pot ...

MOMENTUM, Kalianda--Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com