Di Lamtim, Harga Bawang Merah Turun

Tanggal 24 Mar 2019 - Laporan - 572 Views
Ilustrasi/ist

Harianmomentum.com--Harga komoditas bawang merah di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) memgalami penurunan. Di tingkat petani,harga bawang merah saat ini berada pada kisaran Rp12 ribu per kilogram.

Kepala Desa Banjarrejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lamitm Puspito mengatakan sebelumnya harga bawang merah Rp25 ribu per kilogram.

"Desa kami ini, penghasil bawang merah di Lampung Timur. Sekarang harga bawang merah, sedang turun. Di tingkat petani, hanya Rp12 ribu per kilonya. Padahal sebelumnya Rp15 ribu," kata Puspito pada harianmomentum.com, Minggu (24-3-2019).

Dia berharap, pemerintah bisa secepatnya menstabilkan harga jual bawang merah. "Kalau bisa, harganya bisa kembali stabil. Kasihan petani, kalau harga bawang merah turun seperti ini," harapnya.

Menurut Puspito sebagai besar warga Desa Banjarrejo bermata pencaharian sebagai petani bawang merah.

"Lahan di desa kami ini cocok untuk tanaman bawang merah. Karena itu sebagain besar warga menjadi petani bawang merah. Budi daya bawang merah di Desa Banjarrejo ini sudah dimuali sejak tahun 2008," terannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Lamtim  M Yusuf HR menyebutkan ada tiga kecamatan di kabupaten setempat yang menjadi sentra budidaya bawang merah: Kecamatan Batanghari, Metro Kibang dan Sekampung.

"Sejauh ini hasil panen bawang merah yang dibudidayakan petani di tiga kecamatan itu, cukup menggembirakan. Mudah-mudahan komoditas bawang merah ini menjadi komoditas primadona baru di Lampung Timur," kata yusuf. (rif)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dipimpin Sulpakar, Angka Stunting di Mesuji T ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Sulpakar ber ...


Kirab Drumband dan Mobil Hias Meriahkan HUT k ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ...


Hebat! Pemkot Metro Olah Sampah Organik Jadi ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memaksimalkan pe ...


Waspada! Kasus DBD Terus Meningkat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Lam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com