Target Penerimaan PBB Kota Metro Rp4,5 Miliar

Tanggal 27 Mar 2019 - Laporan - 737 Views
Arif Joko Arwoko. Foto Pie.

Harianmomentum.com--Realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Metro pada tahun 2018 sebesar Rp2,653 miliar atau sekitar 85,5 persen dari target Rp3,232 miliar.

Menurut Kepala Badan Pengelolan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Metro, Arif Joko Arwoko, dibandingkan dengan tahun 2017, penerimaan PBB 2018 mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Sementara target PBB tahun 2019 sebesar Rp4,5 miliar, naik 39,21 persen dari target PBB tahun 2018, jelasnya, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pekan Panutan PBB Kota Metro Tahun 2019 di Halaman Kantor BPPRD Kota Metro, Selasa (26-3-19).

Dia menambahkan, tahun 2019 terdapat penambahan SPPT sebanyak 1.895 dari 51.272 SPPT tahun 2018 menjadi 52,935 tahun 2019 yang tentu menjadi tantangan kita dalam mencapai realisasi tersebut dan kenaikan target PBB-P2 tahun 2019 dikarenakan telah di sesuaikannya zona nilai tanah (ZNT) yang sudah mendekati harga kondisi saat ini.

“Perlu diketahui bahwa ZNT ini pertama kali dilaksanakan pada 2002. Harapannya pada 2019 kami akan meningkatkan pelayanan untuk Pajak BPHTB, Pajak Hotel dan Pajak Restoran dengan menerapkan sistem SPTPD online yang saat ini sedang masa uji coba agar dapat mengatasi permasalahan-Permasalahan dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah," ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Metro Achmad Pairin, menyambut baik terselenggaranya Pekan Panutan PBB dengan harapan dapat menjadi contoh bagi semua dalam rangka kewajiban membayar pajak.

Sejak diserahkan PBB menjadi urusan daerah, sejak tahun 2002 sampai dengan 2018 nilai jual objek pajak di Kota Metro belum pernah mengalami perubahan. "Pada tahun ini dilaksanakan penyesuain zona nilai tanah (ZNT), hal ini seiring dengan berkembangnya pembangunan di Kota Metro sehingga penyesuaian ZNT sudah sangat layak dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” jelas Pairin.

Achmad Pairin juga mengucapkan terima kasih mitra kerja seperti PT Bank Lampung, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Metro dan berbagai pihak yang telah membantu terlaksananya Sistem Pembayaran PBB di Kota Metro.(pie) .

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com