Petakan Zona Rawan, Wakapolda: Ayo Wujudkan Pemilu Aman Sejuk dan Damai

Tanggal 31 Mar 2019 - Laporan - 622 Views
Wakapolda Lampung Brigjen Teddy Minahasa memberikan keterangan pers./ist

Harianmomentum.com--Memetakan lokasi atau zona rawan, Wakapolda Brigadir Jendral (Brigjen) Polisi Teddy Minahasa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan Pemilu aman sejuk dan damai.

"Dari 3.095 tempat pemungutan suara (TPS) ada sembilan yang masuk kategori rawan yakni delapan di Pulau Sebesi dan satu di Pulau Rimau," kata Brigjen Teddy Minahasa pada talkshow di Lampung Selatan bertema 'Mengawal pemilu 2019 aman, damai dan sejuk', beberapa waktu lalu.

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019, di Lampung Selatan terdapat 759 ribu pemilih.

Terkait pengamanan, Polda Lampung menerjunkan 639 personil. "Aparat keamanan saja tidak akan sanggup mengawalnya tanpa peran masyarakat. Kami sangat berharap partisispasi masyarakat khususnya di Lampung Selatan untuk bersama sama mewujudkan pemilu aman, damai, dan sejuk," ujarnya.

Hadir sebagai narasumber, Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono, Dirkrimsus Polda Lampung Kombes Pol. Subakti, dan Pengamat Politik Dedi Darmawan. Pada kesempatan itu, Wakapolda mengatakan Pemilu merupakan hajat politik dan demokrasi bangsa Indonesia yang bukan hanya urusan penyelenggara Pemilu.

Sedangkan Nanang Trenggono mengatakan, KPU Lampung bertugas mengawal Pemilu dengan mengantisipasi dari teknis penyelanggaraan. Misalnya teknis pengiriman kotak suara dari TPS yang terletak di area terjauh, seperti di kepulauan dan perairan.

Pihaknya berkoordinasi dengan Polairud dan melibatkan masyarakat untuk mengangkut kotak suara sesuai SOP dan memberikan pelayanan maksimal dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat untuk menuju TPS terdekat. Terkait target partisipasi masyarakat dari KPU RI sebesar 77,5%, kata Nanang, pihaknya terus mencoba memompa partisipasi masyarakat dengan sosialisasi di kecamatan dengan program grebek pasar setiap minggu.

Sementara Diskrimsus Polda Lampung, Kombes Pol. Subakti, mengatakan, Polda Lampung sangat atensi dalam mengamankan Pemilu 2019. Menurutnya, untuk Lampung masyarakatnya sangat mendukung dalam menjaga kondisi kondusif. "Kami terus menghimbau masyarakat untuk ikut berperan menciptakan suasana kamtimbas yang aman," ujar Kombes Pol. Subakti

Di tempat yang sama, Dedi Darmawan, mengungkapkan sejauh ini ada progres yang baik dari kepolisian dengan sistem antisipasi seperti kegiatan dialog ini untuk mereduksi peluang kondisi yang tidak diinginkan. Menurutnya, setiap Pemilu digelar selalu ada isu yang mencuat dan membuat suasana menghangat, namun hal itu selalu mencair setelah Pemilu usai.

Jika melihat isu yang berkembang di media sosial sepertinya Indonesia akan terbelah. Padahal kenyataannya di masyarakat semua dalam keadaan damai. Untuk itu masyarakat diimbau agar selalu melakukan cross chek mengenai informasi yang didapat, karena semakin dekat dengan hari H semakin kencang isu beredar. "Masyarakat jangan sampai terbawa isu menyesatkan, jangan langsung menelan mentah-mentah informasi dan menyebarkannya," kata Dedi Darmawan.

Menurut tokoh adat Lampung Selatan, Pangeran Sampoerna Jaya, budaya masyarakat Lamsel yang tidak pernah lepas dari rasa musyawarah dan mufakat. Ini membuatnya yakin seluruh elemen di Lamsel selalu siap mengawal dan mewujudkan pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk. "Besar harapan kami, mari kita bersinergi, TNI, Polri, Pemkab, dan masyarakat untuk menuju Pemilu 2019 yang damai," kata Pangeran Sampoerna Jaya.(red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Berawal dari Kerja Sama Bisnis, IRT Diduga Ge ...

MOMENTUM, Waypengubuan -- Seorang ibu rumah tangga (IRT) diamanka ...


Polisi Selidiki Kasus Pembacokan di Lokalisas ...

MOMENTUM, Panaragan -- Polisi menyelidiki kasus pembacokan yang t ...


Angka Kecelakaan di Pringsewu Turun ...

MOMENTUM, Pringsewu--Angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabu ...


Gerak Cepat, Polisi Tangkap Satu Pelaku Curas ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Hanya kurun waktu 12 jam, Tim Gabungan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com