Saka Wira Kartika Tanam Bakau di Pantai Belebuk

Sambut Hari Bapak Pramuka, SWK 03 Penengahan tanam pohon bakau di Pantai Belebuk. Foto. Alp.

Harianmomentum.com--Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 03 Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, melakukan penanaman pohon bakau dan membersihkan kawasan wisata Pantai Belebuk, Totoharjo Kecamatan Bakauheni, Minggu (31-3-2019). 

Pamong Saka Wira Kartika (SWK)Koramil 03 Kecamatan Penengahan Serda Yus Karyanto mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk menyambut Hari Bapak Pramuka Indonesia (Sri Sultan Hamengkubuono IX ).

Kegiatan penghijauan kawasan wisata pantai ini, melibatkan 60 orang SWK 03 Penengahan dan 27 orang  SWK 04 Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan ini untuk menghijauan kembali kawasan pantai yang dilanda tsunami tida bulan silam.

"Kami ucapakan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pembenahan daerah pantai belebu pascatsunami," kata Kepala Dusun Belebuk yang juga pengelola Pantai Belebuk Rahmat.

Selain menanam pohon, anggota Saka Wira Kartika juga melakukan pembersihan berbagai sampah tsunami. Diharapkan, kawasan pantai yang selama ini menjadi tempat wisata, menarik wisatawan kembali berkunjung ke Pantai Belebuk.

Yus Karyanto berharap kegiatan ini bisa dilalukan secara terus menerus sepanjang tahun terutama untuk merintis kembali hutan mangrove yang telah rusak tersapu ombak tsunami.

"Kami berterima kasih atas bantuan masyarakat dan pemgelola pantai belebuk, depan even tahunan SWK 03 Penengahan bisa diarahkan ke rehabilitasi obyek wisata pantai Belebuk, sehingga wisatawan domestik dan asing dapat singgah dan betah bermain di pantai ini," katanya. (alp).

Leave a Comment