Kelompok Tani di Lambar Dapat Bantuan Sembilan Traktor

Tanggal 01 Apr 2019 - Laporan - 1299 Views
Parosil Mabsus. Foto. Lem.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menyerahkan bantuan sembilan unit traktor tangan (hand tractor) kepada kelompok tani di daerahnya.

Bantuan itu secara simbilis diserahkan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus di  Pekon Tugusari, Kecamatan Sumberjaya, Senin (1-4-2019). Parosil menandani penyerahan bantuan itu dengan ujicoba membajak lahan.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Yedi Ruhyadi, sembilan unit traktor itu dibagikan kepada kelompok tani di Kecamatan Sumberjaya, Kebuntebu, Gedungsurian, dan Sekincau masing-masing dua unit dan satu unit untuk di Kecamatan Airhitam.

Bantuan handtraktor itu ini salah satunya bertujuan agar petani lebih cepat dalam mengolah lahannya. Dengan harapan dapat meningkatkan indek pertanaman dari 2,4 menjadi 2.6. "Dalam jangka panjang, kelompok tani penerima bantuan dapat mandiri," katanya.

Sementara Bupati Parosil mengatakan, bantuan itu untuk membangkitkan semangat petani sehigga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya.

Menurut dia, pertanian sawah di Lampung Barat masih membutuhkan pendampingan penyuluh pertanian di tingkat pekon dan kecamatan. 

Kepada petani diminta memanfaatkan traktor itu secara maksimal sehingga usaha membangun pertanian yang berorientasi pada agrobisnis dan agrowisata berbasis sumber daya lokal, dapat terwujud.

"Kelompok tani agar memanfaatkan dan memelihara bantuan sehingga dapat beroperasi secara optimal," kata Parosil. (lem).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan d ...

MOMENTUM, Jakarta -- Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan ...


Komisaris PTPN I: Waspadai Pestalotiopsis dan ...

MOMENTUM, Palembang -- Roda bisnis PT Perkebunan Nusantara (PTPN) ...


PT RPN Salurkan Dana TJSL kepada Anak Yatim d ...

MOMENTUM, Bogor – Dalam setiap proses bisnis, PT Riset Perkebun ...


Kebun Cinta Manis Siap Pasok Tebu Berkualitas ...

MOMENTUM, Ogan Ilir--Kebun tebu Cinta Manis yang dikelola PT Buma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com