Dosen Darmajaya: Generasi Milenial Harus Melek IT

Tanggal 07 Apr 2019 - Laporan - 1245 Views
Dosen IIB Darmajaya, Bayu Nugroho saat memberi pemaparan dalam Pelatihan IT . Foto: ist

Harianmomentum.com--Pengetahuan Information Technology (IT) akan membuka wawasan generasi muda tentang teknologi terkini. Terlebih, di era digital dan teknologi industry 4.0, generasi milenial atau generasi muda terutama siswa SMA/SMK harus melek IT.

Hal itu dikatakan Ketua Jurusan Sistem Komputer dan Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya, Bayu Nugroho, saat Pelatihan IT di Laboratorium Komputer di kampus setempat, Sabtu (6-4-2019).

“Pelatihan ini akan membuka wawassan adik-adik soal teknologi. Zaman dulu penggunaan teknologi memang sudah menggunakan komputer tetapi belum ada zahir dan mikrotik seperti sekarang ini. Sehingga, adik-adik harus benar-benar memahami materi yang akan disampaikan,” kata Bayu—panggilan akrab Bayu Nugroho.

Sementara, Randy Estian Pambudi, ketua pelaksana kegiatan mengatakan pelatihan IT dengan tema Through Your Future With Laboratorium Komputer IIB Darmajaya sasarannya adalah siswa dan siswi SMA/SMK di Provinsi Lampung. "Tujuannya melatih kemampuan siswa dalam hal IT,” ujar dia.

Pelatihan tersebut diikuti 102 peserta dengan rincian Akuntansi 23 peserta, multimedia 26 peserta, Internet of Things 17 peserta, dan jaringan sebanyak 36 orang. “Mereka akan mengikuti pelatihan IT sesuai bidang yang mereka inginkan,” kata dia.

Terpisah, Wakil Rektor I IIB Darmajaya, Dr. RZ Abdul Aziz mengatakan, Pelatihan IT merupakan bagian dari Tridarma perguruan tinggi.

"Program kerja laboratorium komputer Darmajaya ini juga sebagai pengenalan fasilitas kampus. Kita memiliki laboratorium sebagai penunjang kegiatan pembelajaran kuliah dan kegiatan lainnya," ungkapnya.

Doktor lulusan Jepang itu berharap, kegiatan dapat berjalan lancar. "Materi yang disampaikan diharapkan juga bisa diserap dan dipahami oleh peserta sehingga menambah pengetahuannya. Di Era Digitall dan Teknologi Industri 4.0, mau tidak mau, generasi muda kita dimulai sejak SMA/SMK memang harus menguasai teknologi,” kata dia.

Dia juga mengatakan, dalam era digital saat ini, semua hal mengunakan teknologi. Sebab, teknologi dapat menciptakan pekerjaan baru. Dokumen dan informasi telah beralih pada bentuk digital.

"Untuk menjadi yang terbaik dan tetap bersaing di segala bidang, tentunya harus memiliki kemampuan teknologi yang baik," jelas dia.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com