Cegah Politik Uang, Bawaslu Gandeng Mappilu Pringsewu Patroli Masa Tenang

Tanggal 16 Apr 2019 - Laporan - 622 Views
Bawaslu Kabupaten Pringsewu didampingi Mappilu PWI Pringsewu mencopot APK caleg yang masih terpasang./Sulistyo

Harianmomentum.com--Guna mencegah kemungkinan adanya kecurangan maupun politik uang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggandeng Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Kabupaten Pringsewu melaksanakan patroli pada masa tenang.

"Patroli kita mulai sejak Senin (15-4) malam hingga Rabu (17-4) dini hari," kata Fajar Fakhlevi, Divisi Pengawasan Bawaslu Pringsewu, Selasa (16-4).

Menurut dia, patroli yang sudah dimulai sejak semalam langsung dipimpin oleh Ketua Bawaslu Pringsewu Amriwan. "Ada tiga tim yang masing masing komisioner memimpin kegiatan itu," kata Fajar.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengantisipasi kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti politik uang, pembagian sembako dan lainnya.

Selain komisioner Bawaslu, Fajar menyebutkan turut mengajak Mappilu untuk ikut memaksimalkan pemantauan dan pengawasan itu.

Dia juga menjelaskan, selain patroli malam sekaligus mengecek logistik Pemilu yang masih berada di masing masing kantor kelurahan dan pekon. "Sambil patroli kami juga mendata sejumlah APK yang masih terpasang dan akan ditertibkan Selasa ini," terangnya.

Bahkan katanya, pada patroli malam itu pihaknya yang didampingi Mappilu melakukan pencopotan APK yang masih terpasang di depan rumah salah satu caleg di Kelurahan Pringsewu Selatan.

Fajar Fakhlevi menambahkan, meskipun pada patroli malam tidak menemukan praktek politik uang. Namun, Bawaslu akan terus berpatroli. "Untuk hari ini memasuki hari tenang terakhir Bawaslu akan memperketat pengawasan. Teman teman Panwascam dan PPL juga kami intruksikan untuk bergerak sampai subuh,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Mappilu PWI Tutor Manalu mengatakan, pihaknya akan terus aktif berkontribusi melakukan pemantauan proses Pemilu. Seperti menindak lanjuti adanya informasi bahwa ada dugaan beberapa tim sukses caleg akan bagi bagi uang.

“Kami beserta jajaran Bawaslu Pringsewu bergerak secara menyebar melakukan pemantauan terkait informasi itu. Tetapi hingga pukul 03.00 WIB tidak kami temukan praktek politik uang,” jelas dia.

Untuk itu, Ketua Mappilu PWI Pringsewu mengimbau kepada warga jika menemukan ada dugaan politik uang atau kecurangan pemilu dapat segera melapor.

“Jangan takut melapor jika menemukan indikasi kecurangan pemilu atau praktek money politic. Laporkan ke Bawaslu atau Polisi. Mari kita ciptakan Pemilu 2019 yang jurdil aman dan kondusif di Kabupaten Pringsewu ini," tegas Tutor Manalu.(lis)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Nasdem Apresiasi Eva Dwiana Ambil Formulir Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Eva Dwiana akan maju kembali pada pilkad ...


Menyapa Via Medos, Ridho Dikabarkan Mau Nyalo ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Gubernur Lampung Muhammad Ridho F ...


Calon Bupati Pringsewu: Fauzi Unggul, Disusul ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Konstelasi politik di Kabupaten Pringsewu ...


Ketua STIT Tanggamus Daftar Calon Wakil Bupat ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pada hari ketujuh penjaringan Bakal Calon ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com