UNBK Dimulai, Siswa SMP 1 Bandarlampung Tak Gentar

Tanggal 22 Apr 2019 - Laporan - 1282 Views
Suasana UNBK hari pertama di SMP Negeri 1 Kota Bandarlampung. Foto: acw

Harianmomentum.com--Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah dimulai, Senin (22-4-2019). Para siswa SMP Negeri 1 Bandarlampung mengaku ti gentar dalam menghadapinya.

“Biasa saja menghadapi UNBK ini, toh kami sudah belajar, jadi tenang-tenang saja,” kata M. Akbar Baihaqi, salah satu siswa SMP 1 saat diwawancarai harianmomentum.com, Senin (22-4-2019).

Menurut pria berumur 14 tahun itu, semua soal UNBK untuk hari pertama dapat diisinya dengan baik. 

“Hari ini UNBK Bahasa Indonesia, Alhamdulillah bisa ngisi semua soalnya. Mudah-mudahan nilainya baik, kalau bisa benar semua,” harapnya.

Siswa lain, Sekar Adi Ningrum juga menuturkan hal serupa. Dia juga menyatakan tidak gentar menghadapi UNBK.

“Mudah-mudahan semua soal bisa kami jawab dengan baik, kan sudah belajar,” kata Sekar saat menunggu dimulainya UNBK.

Terpisah, salah satu guru di SMP 1 Bandarlampung M Arifai mengatakan, beberapa hari sebelum UNBK dimulai pihaknya telah memeprsiapkan banyak hal.

“Semua perlengkapan (sarana/prasarana) UNBK telah kita siapkan, termasuk genset yang memang selalu standby, kalau-kalau mati lampu,” kata Arifai di ruang kerjanya.

Arifai yang juga humas di SMP 1 itu menyebutkan, ada 360 siswa/siswi yang mengikuti UNBK di SMP setempat, terdiri dari 158 siswa dan 202 siswi.

“Untuk UNBK kita menggunakan Lab 1 yang isinya ada 61 siswa dan Lab 2 dengan jumlah 56 siswa. Ujiannya dibagi tiga sesi,” sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, SMP 1 Bandarlampung punya cara tersendiri untuk menghilangkan rasa takut siswa/siswi dalam menghadapi UNBK.

“Para siswa memang sudah belajar dengan baik, itu pasti. Tapi selain itu, kita juga memebrikan motivasi ke mereka supaya percaya diri saat melaksanakan UNBK,” katanya.

Dia menuturkan, beberapa minggu lalu SMP setempat telah mendatangkan motivator dari luar. 

“Jadi para siswa diberi motivasi secara pisikologis untuk menghadapi UNBK ini. Slenjutnya, pada H-1 kita beri lagi motivasi dengan mendatangkan motivator dari luar,” jelasnya.

Menurut dia, pemberian motivasi tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Lalu, sambung dia, setiap hari Jumat, juga ada pemberian motivasi.

“Minimal sebulan sekali para siswa diajak ke mushola, juga untuk pemberian motivasi dari sisi keagamaan. Dengan harapan, otak mereka brilian ruhaninya juga luar biasa,” terangnya.

Sebelumnya, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bandarlampung Eka Apriana mengatakan, persiapan pelaksanaan UNBK tingkat SMP sudah optimal.

“Semua sarana dan prasarana untuk kebutuhan UNBK semuanya sudah tersedia,” kata Eka Apriana beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data Disdikbud Kota Bandarlampung, ada 17.066 siswa dari 113 SMP (negeri/swasta) yang mengikuti UNBK di kota setempat. 

“Sekolah yang menggelar UNBK tersebut sudah berlangsung tiga tahun terakhir,” ujar Eka.

UNBK akan dilaksanakan selama empat hari, mulai Senin-Kamis (22-25 April) dengan empat mata pelajaran: Bahasa Indonesia, Metematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 

“Untuk kelancaran UNBK SMP, kita sudah berkoordinasi dengan PT PLN Distribusi Lampung agar pada hari UNBK tidak terjadi pemadaman listrik,” tuturnya.

Walau begitu, sambung dia, 113 sekolah penyelenggara UNBK juga telah menyediakan mesin generator jika sewaktu-waktu terjadi gangguan mati lampu atau kendala lainnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com