Dekranasda Lampura Genjot Peningkatan Kualitas Hasil Kerajinan

Ketua Dekranasda Lampura, Endah Kartika Prajawati (dua dari kiri) meninjau proses pembuatan kain tenun khas daerah setempat. (Foto: dok. H-momen)

Harianmomentum-Peningkatan kualitas produk hasil usaha kerajinan masyarakat, menjadi prioritas program kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

 

Upaya peningkatan kualitas tersebut, difokuskan pada hasil usaha kerajinan masyarakat yang memiliki ciri khas daerah.


Ketua Dekranasda Kabupaten Lampura, Endah Kartika Prajawati mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap para perajin.  


“Jenis usaha kerajinan yang saat ini kita bina dan beri pelatihan, diantaranya kerajian anyaman bambu, sulam kain tapis, rajut dan batik,“ kata Endah saat peringatan Hari Ulang Tahun Dekranas ke 37 di Kantor Sekretariat Dekranasda setempat, Jumat (3/3).

        

Dia berharap, hasil produk kerajian masyarakat di kabupaten setempat akan semakin memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga nantinya mampu bersaing dengan produk-produk kerajinan dari luar daerah, bahkan di tingkat nasional.

         

"Saya berharap produk kerajinan masyarakat dari  Lampung Utara semakin memiliki ciri khas, sehingga dapat ditampilkan pada setiap event atau acara seremonial. Saya juga mengajak kita semua untuk mencintai produk dalam negeri, khususnya dari Kabupaten Lampura,"  imbaunya.

 

Dia juga mengajak, seluruh pengurus Dekranasda Lampura menjadikan peringatan HUT tersebut sebagai momentum meningkatkan soliditas dan kerjasama dalam memajukan hasil-hasil kerajinan masyarakat.

 

"Semoga di Ulang Tahun Dekranas  ke-37 ini,  Dekranasda Lampung Utara semakin maju dan jaya, serta memiliki konstribusi nyata dalam membantu pemerintah mewujudkan perubahan dan kemajuan daerah," ajaknya.

 

Seremoni peringatan HUT Dekranas ke 37 tingkat Kabupaten Lampura itu, ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua Dekranasda setempat, Endah Kartika Prajawati. 


Selain pengurus Dekranasda,  hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Lampura, Syahrizal Adhar. (red)

Leave a Comment