Ridho: Kesiapan SDM harus Beriringan dengan Pembangunan Infrstruktur

Tanggal 02 Mei 2019 - Laporan - 589 Views
Gubernur M Ridho Ficardo saat menyampaikan amanat Mendikbud pada upacara peringatan Hardiknas.// Agung DW

Harianmomentum.com--Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menyebut sumber daya manusia (SDM) harus disiapkan bersamaan dengan pembangunan infrastruktur.

Hal itu disampaikan Ridho saat diwawancarai usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Korpri Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, Kamis (2-5-2019).

Ridho menyampaikan saat ini program pemerintah pusat sudah mulai fokus terhadap pembangunan SDM yang mumpuni, guna menghadapi kemajuan teknologi.

"Seperti yang diamanatkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa program pemerintah pusat yang selama ini fokus pada infrastruktur, mulai bergeser pada pembangunan SDM," sebut Ridho.

Alasannya, menurut dia, anak-anak bangsa Indonesia harus siap menghadapi kemajuan zaman dan memiliki daya saing. Khususnya di Provinsi Lampung.

Dia menerangkan jika pembangunan SDM dilakukan setelah infrastruktur selesai, maka anak-anak bangsa akan tertinggal dengan kemajuan dan tidak mampu bersaing.

"Ini menjadi bagian dari komunikasi saya dengan Pak Presiden (Joko Widodo) beberapa waktu lalu. Artinya, pembangunan SDM itu harus beriringan dengan infrastruktur," terangnya.

Karena itu, pemerintah pusat mulai melakukan percepatan pembangunan SDM. "Ini menjadi bagian dari misi nasional. Sebetulnya Pemprov Lampung sudah melakukan penyesuain terlebih dahulu dengan mengambil kebijakan strategis untuk pembangunan SDM," terangnya.

Salah satu kebijakan strategis Pemprov Lampung adalah dengan memperbesar kapasitas di perguruan tinggi. Sehingga, diharapkan perguruan tinggi dapat menyiapkan anak-anak yang memiliki daya saing di masa mendatang.

"Karena bicara persaingan ke depannya, itu soal pendidikan tinggi. Selain pendidikan dasar dan menengah, supaya perguruan tinggi menyiapkan anak-anak kita ke depan," terangnya.

Dengan begitu dia mengharapkan, saat pembangunan infrastruktur semakin baik, maka SDM juga harus lebih siap. "Tentunya ini harapan kita semua. Mudah-mudahan dengan kemajuan di Lampung, SDM kita tetap terkejar," ujarnya. (adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Lebaran Lancar dan Terkendali, Kin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Arus balik lebaran 2024 di Provinsi Lamp ...


18 Pelamar JPTP Lulus Uji Kompetensi, Satu Gu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro ...


Bupati Lamsel Serahkan 14 Sertifikat Gratis P ...

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermant ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com