Pawai Obor Kampung Sendangmukti, Sebuah Tradisi Sambut Ramadan

Tanggal 06 Mei 2019 - Laporan - 1965 Views
Pawai obor di Kampung Sendangmukti, Kecamatan Sendangagung, Lampung Tengah. Foto: ist

Harianmomentum.com--Bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Di beberapa tempat, beragam kegiatan sering dilaksanakan dalam menyambut datangnya bulan yang suci tersebut.

Seperti yang di lakukan muda-mudi Kampung Sendangmukti, Kecamatan Sendangagung, Lampung Tengah. Layaknya bulan Ramadan sebelumya, para pemuda di desa setempat menggagas pawai obor dalam menyambut kedatangan Ramadan 1440 Hijriah.

Koordinator pelaksana kegiatan, Achmad Denis mengatakan, pawai obor adalah kegiatan yang rutin diadakan setiap menyambut datangnya bulan Ramadan.

Dia menuturkan, kegiatan itu terpusat di pelataran Masjid Baitul Mukminin, Kampung Sendangmukti dan dimulai setelah salat tarawih berjamaah di masjid setempat, Minggu (5-5-2019) malam.


Acara dilaksanakan dengan berjalan kaki mengelilingi kampung serta diiringi lantunan selawat. 

Warga kampung sangat antusias dengan kegiatan tersebut, bahkan beberapa warga kampung tetangga turut mengikuti acara tahunan tersebut.

"Sumber dana diperoleh dari swadaya masyarakat kampung. Untuk persiapan acara dikerjakan oleh para pemuda setempat," jelas Achmad, sapaan akrabnya.

Di tempat yang sama, Dwi Apri selaku penanggung jawab acara menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat serta para pemuda yang sudah bergotong-royong, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan.

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan Rori Septian selaku Risma Masjid Baitul Mukminin. 

Menurut dia, acara pawai obor yang rutin dilakukan setiap tahun itu adalah salah satu bentuk syukur, telah kembali dipertemukan dengan bulan yang mulia tersebut.

"Kegiatan ini sangat positif, semoga acara seperti ini bisa terus berjalan di tahun-tahun berikutnya sehingga dapat menekan kegiatan negatif pemuda yang akhir-akhir ini marak terjadi," harap Rori.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com