Memaksimalkan Potensi Membangun Bumei Tuah Bepadan

Tanggal 10 Mei 2019 - Laporan - 790 Views
Bupati Lampung Timur Chusnunia menerima penghargaan program revitalisasi pasar tradisional

Harianmomentum.com--Lampung Timur adalah salah satu dari lima belas kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Kabupaten Lampung Timur terbentuk sebagai daerah otonomo baru  berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1999, hasil pemekaraan dari Kabupaten Lampung Tengah.

Sukadana menjadi pusat pemerintahan kabupaten dengan luas wilayah 5.325,03 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 1.008.797 jiwa (data statistik 2015) itu. 

Berdasarkan adaminstrasi kepemerintahan, kabupaten dengan slogan Bumei Tuwah Bepadan,  dibagi menjadi 24 wilayah kecamatan dan 264 Desa.

Saat ini roda kepemerintahan Kabupaten Lampung Timur dipimpin duet Bupati Chusnunia Chalim dan Wakil Bupati Zaiful Bokhari.

Memaksimalkan pengembangan potensi daerah menjadi dasar utama penyusunan dan pelaksanaan program pembangunan di bawah duet kepemimpinan Bupati Chusnunia dan Wakil Bupati Zaiful Bokhari.

Wakil Bupati Zaiful Bokhari menyerahkan piala kepada juara pertama sepak bola junior

Salah satu bentuk upaya memaksimalkan pengembangan potensi daerah dilakukan pada sektor pariwisata melalui program 101 Festifal Wisata. Prorgam 101 Festival Wisata saat ini sudah memasuki tahun kedua. Program tersebut bertujuan mengembangkan potensi wisata berbasis pedesaan. Bidang infrastruktur difokuskan pada pembangunan jalan poros penghung antar kecamatan dan desa. Salah satunya jalan  Desa Sadarsriwijaya, Kecamatan Bandarsribawono  yang dibangun menggunakan anggaran kegiatan tahun 2018 pada Dinas PUPR Kabupaten Lampung Timur. 

Salah satu hasil pembangunan jalan poros antar kecamatan dan desa di Kabupaten Lampung Timur 

Pada bidang pertaninan, Lampung Timur punya potensi lahan seluas 213.384 hektere yang terdiri dari: lahan sawah 60.518 hektare dan lahan kering 152.866 hektare. Pontesi lahan pertanian itu didukung dengan potensi sumber daya manusia yang handal. Saat ini di Kapaten Lampung Timur tercatat ada 5.645 kelompok tani. 

Dengan beragam potensi tersebut, tak heran jika hasil produksi padi Kabupaten Lampung Timur, dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada akhir tahun 2017 produksi padi Kabupaten Lampung Timur diperkirakan mencapai 591 ribu ton atau 13,43 persen dari target produksi padi Provinsi Lampung.

Festival Panen Padi di Kabupaten Lampung Timur

Bupati Lampung Timur Chusnunia mengatakan, saat ini pelaksanaan pembangunan pertanian diarahkan untuk mempertahankan swasembada beras secara berkelanjutan. Selain itu juga terus dilakukan diversifikasi dan peningkatan kualitas produk pertanian.Tujuan utama dari seluruh kibajakan pembangunan itu adalah meningkatkan  kesejahteraan petani.

Pada bidang kepemerintah, Kabupaten Lampung Timur  juga terus menuai berbagai prestasi dan penghargaan, antar lain:  Penghargaan Program Revitalisasi Pasar Tradisional Terbaik Tahun 2018. Pada bidang olah raga, tahun ini Kabupaten Lampung Timur akan mulai membangun gedung olah raga. Gedung tersebut nantinya akan menjadi pusat pelatihan dan berbagai kegiatan olahraga.Sehingga diharapkan prestasi olahraga kabupaten Lampung Timur akan terus meningkat. 

Pada bidang informasi dan komunikasi, saat ini  Pemkab Lampung Timur terus melakukan berbagai upaya peningkatan dan perluasan layanan teknologi informasi.  Upaya perluasan dan peningkatan kualitas teknologi informasi itu dilakukan berkerja sama  dengan perusahaan telekomunikasi provider menara BTS. (adv)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Lebaran Lancar dan Terkendali, Kin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Arus balik lebaran 2024 di Provinsi Lamp ...


18 Pelamar JPTP Lulus Uji Kompetensi, Satu Gu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro ...


Bupati Lamsel Serahkan 14 Sertifikat Gratis P ...

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermant ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com