Pemkab Tubaba Usulkan Perubahan Nama Gerbang Tol

Gerbang Tol Menggala ini berlokasi di wilayah Tiyuh/Desa Penumangan Kabupaten Tulangbawang Barat

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mengusulkan perubahan nama Gerbang Tol Menggala menjadi Gerbang Tol Penumangan.

Asisten I Sekretariat Pemkab Tubaba Agus Subagio mengatakan usulan itu sebagai tindak lanjut protes tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

"Mereka (tokoh adat dan masyarakat) protes nama Gerbang Tol Menggala, karena gerbang tol tersebut berada di wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat, tepatnya di Tiyuh Penumangan. Bukan di Menggala Kabupaten Tulangbawang. Karena itu, kita usulkan perubahan nama gerbang tol tersebut," kata Agus pada harianmomentum.com, Senin (13-5-2019).

Menurut dia, protes warga tersebut sangat wajar. Mengingat nama gerbang tol, biasanya merujuk pada nama yang terkait lokasi gerbang tersebut berada. Contohnya, Gerbang Tol Bakauheni karena memang lokasinya di Bakauheni Lampung Selatan. Begitu juga dengan Gerbang Tol Terbanggibesar, di Kabupaten Lampung Tengah.

Agus mengatakan, pihak pengelola Jalan Tol Trans Sumatera belum pernah berkoordinasi dengan Pemkab Tubaba terkait pemberian nama gerbang tol tersebut.

Menurut dia, terkait tindak lanjut usulan tersebut akan dikoordinasikan dengan Bupati Tubaba.

"Kita koordinasikan dulu dengan bupati, sebelum melayangkan surat kepada pengelola JTTS untuk bermusyawarah dengan tokoh masyarakat terkait usulan perubahan nama gerbang tol tersebut," jelasnya. (frk)


Leave a Comment