Membangun Ramik Ragom Berdaya Saing

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menerima penghargaan dari Gubernur Lampung M Ridho Ficardo

Harianmomentum.com--Memasuki usia ke 20 tahun, Kabupaten Waykanan terus berbenah untuk menjadikan Bumi Ramik Ragom berdaya saing tinggi. Bahkan, pemerintah kabupaten (Pemkab) yang dinakhodai Bupati Raden Adipati dan Wakil Bupati Edward Anthony itu mampu menorehkan berbagai prestasi hingga tahun 2019.

Sepanjang tahun 2019 , prestasi yang telah ditorehkan duet kepemimpinan itu berupa penghargaan Adipura kategori kota kecil yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla pada 14 Januari lalu.

 Dua bulan berikutnya yakni pada 22 Maret 2019, Kabupaten Waykanan berhasil menjadi daerah yang 100 persen sukses menjalankan program stop buang air besar sembarangan. Hasil itu pun ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Waykanan sekaligus penyerahan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

 Pencapaian prestasi lainnya, yaitu dengan diresmikannya pengoperasian Bandara Gatot Subroto menjadi penerbangan sipil oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi pada 6 April 2019, yang juga turut dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.

 Perjuangan panjang selama 13 tahun memperjuangkan pengoperasian lapangan udara Angkatan Darat Gatot Subroto menjadi bandara komersial telah berhasil dilalui daerah setempat. Pada usianya yang ke-20, akhirnya dapat disetujui dan direalisasikan untuk kemudian secepatnya dilaksanakan pengoperasian Bandara Gatot Subroto bagi masyarakat.

Waktu yang panjang itu merupakan pekerjaan tidak mudah, mengingat pengoperasian bandara Gatot Subroto menjadi bandara komersil semula lapangan udara Angkatan Darat melibatkan dua Kementerian yaitu Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pertahanan dan Keamanan serta TNI Angkatan Darat selaku penggunanya.

Akhir yang baik, niatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Waykanan untuk menjadikan masyarakatnya maju dan berdaya saing bakal terwujud dengan adanya bandara umum tersebut. Dengan demikian, masyarakat perikanan serta kabupaten lain kedepannya dapat cepat menuju akses ke ibu kota negara baik untuk keperluan usahanya. (**)

Beberapa pencapaian dan penghargaan yang sudah diraih Kabupaten Waykanan dalam kurun waktu tiga tahun:

1. Penghargaan dari Presiden atas Raihan WTP lebih dari 5 kali berturut-turut 21 September 2016

2. Posisi empat besar dalam lomba MTQ ke-45 tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Pesawaran tahun sebelumnya berada pada posisi juru kunci peringkat ke-15, 27 April 2017.

3. Mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian WTP tujuh kali secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan BPK RI 15 Juni 2017.

4. Berhasil meraih penghargaan Paramesti dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia atas keberhasilan kepala daerah di bidang kesehatan dengan menetapkan peraturan tentang kawasan tanpa rokok 12 Juli 2017

5. Meraih penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia atas keberhasilan dalam percepatan cakupan pemberian akte kelahiran anak tahun 2017 lebih dari 96 persen pada 22 Juli 2017

6. Meraih penghargaan tim pengendalian inflasi daerah pendatang baru berprestasi tahun 2016 dari Bank Indonesia 27 juli 2017.

7. Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sebagai bupati inisiator kabupaten layak anak.

8. Peringkat ke-5 Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi informasi Provinsi Lampung.

9. Meraih penghargaan dari Gubernur Lampung sebagai Kabupaten dengan pencapaian kinerja penyaluran Rastra terbaik tahun 2017.

10. Peringkat pertama lomba kesrak PKK-KB,-Kesehatan tingkat provinsi Lampung tahun 2017

11. Predikat utama Puskesmas way Tuba dari tim surveyor akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan RI.

12. Juara ke-3 lomba P3KSS tingkat provinsi Lampung 2017

13. Menerima penghargaan top Regent of the year 2017 dari Seven media dan The Key People Magazine bekerjasama Clock Research and development serta Kementerian Dalam Negeri kementerian kominfo dan kementerian desa dan PDT Republik Indonesia.

14. Bupati menerima penghargaan dari Deputi direksi BPJS wilayah Banten Kalimantan Barat dan Lampung karena telah menjamin rakyatnya Sejahtera melalui integrasi Jamkesda dengan program JKN- KIS dan mendukungpercepatan cakupan semesta tahun 2019.

15. Juara harapan pertama lomba masakan serba ikan tingkat nasional

16. Juara pertama lomba b2sa tingkat provinsi Lampung .

17. dianugerahi penghargaan Lencana Dharma Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Republik Indonesia

18. Menerima penghargaan tanda jasa Bakti koperasi tahun 2018 dari menteri koperasi dan UKM Republik Indonesia

19. Menerima Penghargaan Manggala karya Kencana dari BKKBN.

20. Menerima Anugerah Pendidikan Indonesia.

21. Peringkat ketiga lomba seak PKK KB kesehatan tingkat nasional tahun 2017

22. Penghargaan sebagai Kabupaten cukup peduli hak asasi manusia tahun 2016 dari Kementerian Hukum dan hak asasi manusia RI

23. Peringkat kedua Musabaqah Tilawatil Quran tingkat provinsi Lampung ke 46  tahun 2018 yang diselenggarakan di Kota Bandarlampung.

24. MTQ tingkat provinsi Lampung 2019 di Berada di posisi ketiga

Leave a Comment