Fauzi Ajak Teladani Semangat Harkitnas

Tanggal 20 Mei 2019 - Laporan - 1261 Views
Ilustrasi/ist

Harianmomentum.com--Sumpah Palapa yang diikrarkan GajahmadaMahapatih Kerajaan Majapahit, merupakan embrio terjalinya semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Demikian sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang dibacakan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi pada upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), di lapangan kantor pemkab setempat, Senin (20-5-2019). 

Sumpah Palapa menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan bangsa untuk mengikat wilayah kepulauan nusantara dalam satu simpul Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berikut petikan Sumpah Amukti Palapa: 

Sira Gajah Mada Patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, Sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa."

Terjemahanya:

Dia Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa.

Semangat persatuan juga tercemin dalam detak budaya kearifan lokal masyarakat Indonesia. Di Ranah Minang,  kita mengenal pepatah yang mengadung petuah tentang penting semangat kebersamaan: barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang. Begitu juga di bumi pahariyangan/sunda ada pepatah yang berbunyi sacangreud pageuh, sagolek pangkek.

Dari Bumi Anging Mamiri Sulawesi Selatan, kita bersama-sama belajar reso temmangingi, nama-lomo, nale-tei, pammase dewata. Dari Banua Banjar Kalimatan Selatan, kita bersama-sama menjunjung Waja Sampai Kaputing. 

"Semua pepatah itu mengajarkan dan mangajak untuk mempererat persatuan dan semangat gotong royong. Karane itu, semangat Hari Kabangkitan Nasional harus menjadi teladan bagi kita semua untuk membangun Indonesia, khususnya di Kabupaten Pringsewu, " kata Wabup Fauzi.

Upacara Peringatan Harkitnas yang mengusung tema Bangkit untuk Bersatu itu diikuti seluruh jajaran Pemkab Pringsewu. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dipimpin Sulpakar, Angka Stunting di Mesuji T ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Sulpakar ber ...


Kirab Drumband dan Mobil Hias Meriahkan HUT k ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ...


Hebat! Pemkot Metro Olah Sampah Organik Jadi ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memaksimalkan pe ...


Waspada! Kasus DBD Terus Meningkat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Lam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com