Puluhan Sopir Bus di Kota Metro Dites Narkoba

Pemeriksaan urire para sopir untuk tes narkoba. Foto. Pie.

Harianmomentum.com--Puluhan pengemudi bus antarkota/provinsi di Terminal Induk 16C Kota Metro diperiksa urinenya untuk mengetahui apakah para sopir itu bebas narkoba. 

Tes narkoba itu dilaukan Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Metro, Selasa (21/5/2019). Tujuannya, untuk menciptakan keamanan dan keyamanan angkutan lebaran, Idul Firtri 1440 Hijriah.

Kasat Narkoba Polres Metro AKP Fredy Aprisa Putra mengatakan, sekitar 27 orang pengemudi bus dilakukan pemeriksaan terhadap urinenya.

"Tes urine ini dilakukan guna memastikan para pengemudi bus tidak ada yang mengkonsumsi narkoba. Itu demi keamanan dan kenyamanan penumpang menjelang mudik lebaran," ujarnya. 

Dia menjelaskan, tes urine dadakan tersebut dilakukan berdasarkan perintah Kapolda Lampung dan dilakukan secara serentak dijajaran Polres.

"Di sini kami mendapatkan perintah untuk melaksanakan tes urine kepada seluruh supir bus yang akan membawa penumpang menjelang mudik lebaran. Dan kita telah memastikan mereka siap membawa penumpang, karena hasil tes urine dinyatakan negatif semua," kata AKP Fredy.

Pihaknya menjamin bahwa pemeriksaan urine serupa akan terus dilakukan secara berkelanjutan hingga musim mudik lebaran.

"Untuk tes urine ini akan dilakukan secara kontinyu, dan untuk waktu serta tempatnya menunggu perintah selanjutnya," pungkasnya.

Sementara itu seorang supir bus mendukung langkah kepolisian dalam melakukan tes urine tersebut. "Kami sangat mendukung, karena ini demi kebaikan bersama," kata Hariyanto, pengemudi Bus PO Puspa Jaya.

Ia juga menyatakan kesiapannya untuk membawa penumpang di musim mudik lebaran mendatang. Heriyanto juga berharap agar Polisi kembali melakukan pemeriksaan terhadap supir lainnya.

"Kita siap, dengan begini bisa meyakinkan keamanan terhadap penumpang yang kita bawa. Saya berharap nya ini terus dilakukan ya, karena banyak supir lain di terminal ini yang belum di tes urine juga," imbuhnya. (pie) 

Leave a Comment