Warga Desak Penutupan Sementara RSIA AMC

Musyawarah warga RT 24 RW 05 Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat membahas polemik dengan RSIA AMC

Harianmomentum.com--Polemik antara warga RT 24 RW 05 Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat dan pihak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Anugerah Medical Center (AMC) Kota Metro, terus berlanjut. 

Warga mendesak Pemkot Metro menutup pengoperasian rumah sakit di kawasan penduduk tersebut. Menurut Ketua RT 24 Ukar Diyana mengatakan warganya kecewa karena keluhan yang disampaikan, tidak pernah digubris oleh pihak rumah sakit.

"Dari hasil musyawarah bersama pak lurah tadi. Warga sepakat meminta pemerintah unmenutup sementara aktifitas di RSIA AMC, hingga pengendalian limbahnya benar-benar dikelola dengan baik. Kemudian dibuat box silence untuk gensetnya, supaya suara dan asap genset tidak mengganggu warga,"  kata Ukar usai  musyawarah bersama warga dan pihak kelurahan setempat, Rabu (22-5-2019).

Selain itu, warga juga menuntut alih fungsi beberapa bangunan tambahan RSIA AMC yang berdiri di sebelah perumahan warga setempat. 

"Rumah itu kan bekas rumah warga, lalu dibeli AMC dan direnovasi. Nah, yang kami permasalahkan itu alih fungsinya bukan bangunannya. Jadi warga juga menolak ada penambahan bangunan rumah sakit," terangnya.

Saat ini, lanjut dia, sejumlah bangunan RSIA AMC yang bersebalahan dengan rumah warga diminta untuk tidak beroperasi. 

"Ada lima bangunan. Alasannya dulu untuk mess perawat, tapi kok ada suara bayi. Ternyata bangunan tersebut digunakan untuk ruang pasien.  Warga tahu, lalu  protes dan meminta aktivitas bangunan tambahan itu dihentikan," tegasnya.

Baca juga: Pemkot Metro Dalami AMDAL RSIA AMC

Warga juga sepakat tidak menyetujui penambahan gedung RSIA AMC di kawasan pemukiman setempat. "Warga sepakat untuk tidak setuju atas penambahan gedung rumah sakit," tegasnya.

Lurah Metro Kecamatan Metro Pusat Ismadi Sumarso, akan menindaklanjuti keluhan warga tersebutb. "Secepatnya kami akan melaporkan ke Pemkot Metro terkait tuntutan warga ini," kata Ismadi.

Menurut dia, dari hasil musyawarah tersebut disimpulkan ada tiga tuntutan utama yang disampaikan warga: pertama warga meminta pengoperasian di RSIA AMC ditutup sementara, kedua meminta pihak rumah sakit melakukan perbaikan pengelolaan limbah dengan bai. Terakhir  meminta pihak rumah sakit membuat box silence untuk gensetnya dan  tidak ada penambahan bangunan lagi.

Dalam  waktu dekat, pihak kelurahan juga  mengirimkan surat undangan kepada managemen RSIA AMC untuk membahas tuntutan warga tersebut. "Besok akan kami panggil pihak RSIA AMC. Lalu hasilnya nanti akan kami laporkan  ke Pemkot Metro," jelasnya. (pie)


Leave a Comment