Menhub Pastikan Arus Mudik di Lampung Aman dan Lancar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur M Ridho Ficardo dan Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi saat rakor angkutan lebaran.

Harianmomentum.com--Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, tidak akan terjadi kemacetan di Lampung selama masa arus mudik lebaran 2019.

Hal itu disampaikan Budi usai rapat koordinasi angkutan lebaran 2019 bidang lalulintas di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Kamis (23-5).

Budi menyebutkan kedatangannya ke Lampung untuk memastikan kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni - Terbanggibesar - Pematangpanggang.

"Kita juga ingin memastikan kalau Lampung ini aman, seperti yang disampaikan Pak Kapolda (Irjen Pol Purwadi Arianto) dan Pak Gubernur (M Ridho Ficardo)," kata Budi.

Dia meyakini dengan adanya berbagai fasilitas yang di Lampung, berupa JTTS dan Dermaga Eksekutif Bakauheni Lampung Selatan tidak akan terjadi kemacetan.

"Jadi ada dua alternatif, masyarakat bisa menggunakan jalan tol dan jalan biasa. Sehingga, Insya Allah kemacetan tidak akan terjadi," terangnya.

Untuk menambah kenyaman pemudik, dia menerangkan terdapat 11 rest area (tempat istirahat) sepanjang JTTS ruas Bakauheni - Terbanggibesar - Pematangpanggang.

"Itu terbagi di kanan dan kiri. Di setiap rest area akan terdapat pom bensin, walaupun belum permanen," jelasnya.

Walau begitu, dia mengatakan penumpukan kendaraan biasanya terjadi di Pelabuhan Bakauheni. "Tetapi pemda sudah melakukan penambahan bus, jadi di sana aman," tuturnya.

Selain itu, dia menyoroti soal keamanan di Lampung selama arus mudik dan arus balik mendatang. Berdasarkan stigma yang tercipta kalau Lampung tidak aman.

"Tapi pak Kapolda tadi sudah bilang kalau Lampung aman. Stigma itu harus hilang karena memang tidak ada," tuturnya.

Senada, Gubernur M Ridho Ficardo memastikan arus mudik di Lampung aman. "Baik siang atau malam aman dilalui. Syaratnya kalau malam harus ada lampu mobilnya," ujar Ridho. (adw)

Leave a Comment