Polda Lampung Siap Amankan Mudik Lebaran

Tanggal 28 Mei 2019 - Laporan - 518 Views
Apel kesiapan pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2019 di Provinsi Lampung./iwd

Harianmomentum.com--Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Lampung siap mengamankan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Hal itu disampaikan Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Ariyanto saat gelar pasukan operasi ketupat krakatau tahun 2019 di Lapangan Korpri Kompleks Kantor Gubernur Lampung, Selasa (28-5).

"Operasi Ketupat Krakatau dilaksanakan serentak di seluruh wilayah se Provinsi Lampung guna memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran mendatang," kata Kapolda.

Dikatakan Purwadi, berdasarkan perintah dari Kapolri Jendral Tito Karnavian, pada pelaksanaan operasi ketupat ini mengedepankan Kamtibcarlantas.

"Yakni keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas, didukung pengamanan khusunya untuk mrncegah angka kriminalitas serta mengungkap kasus yang terjadi saat lebaran," kata dia.

Dalam operasi ketupat krakatau 2019, Purwadi mengatakan mengerahkan 4.681 personel yang terdiri dari unsur Polri, dan instansi lain.

"Didukung pramuka dan organisasi lain, seperti biasa tugas kita membuat posko-posko sekitar 72 posko yang kita siapkan, ada posko pengamanan sebanyak 57, lalu 14 posko pelayanan dan 1 posko terpadu," paparnya.

Purwadi menambahkan, posko-posko tersebut ditempatkan ditempat yang rawan baik rawan kemacetan kecelakaan maupun rawan kriminalitas. Kemudian petugas yang disiapkan terdiri dari instansi terkait yang didalamnya mendukung menjamin situasi keamanan khususnya arah mudik dan balik itu bisa berjalan lancar.

Dia menjelaskan, dari 34 Polda yang tersebar di Indonesia, 11 Polda lainnya termasuk Lampung menjadi prioritas. Lampung menjadi prioritas, lantaran saat ini ada jalur tol yang sudah dibuka secara umum, sehingga membedakan dengan operasi ketupat lalu.

"Untuk saat ini kita ketahui bersama kita punya jalan tol. Memang yang lalu kita punya tiga jalur yang digunakan masyarakat, jalur lintas timur, jalur lintas tengah dan jalur lintas barat," imbuhnya.

Namun, kata Purwadi, tahun ini Lampung telah memiliki jalur tol yang memang sudah dipersiapkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk dinikmati bersama pemudik. 

Selanjutnya Purwadi berharap jalur tol baru ini menjadi jalur alternatif jalan yang memang bisa membuat situasi lebih lancar dan cepat sampai tujuan.

 "Kami dalam hal ini berkoordinasi dengan badan pengelola jalan tol, kemudian dengan pihak-pihak lain terkait dan saya jamin jalan ini akan memberikan pelayanan terbaik meskipun ada jalan operasional dan masih fungsional," tandasnya.

Untuk itu, lanjut Purwadi, kepolisian beserta jajaran dan instasi lain siap  menjamin keamanan keselamatan kelancaran berlalulintas untuk mudik agar berjalan lancar dan aman.(iwd)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Berawal dari Kerja Sama Bisnis, IRT Diduga Ge ...

MOMENTUM, Waypengubuan -- Seorang ibu rumah tangga (IRT) diamanka ...


Polisi Selidiki Kasus Pembacokan di Lokalisas ...

MOMENTUM, Panaragan -- Polisi menyelidiki kasus pembacokan yang t ...


Angka Kecelakaan di Pringsewu Turun ...

MOMENTUM, Pringsewu--Angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabu ...


Gerak Cepat, Polisi Tangkap Satu Pelaku Curas ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Hanya kurun waktu 12 jam, Tim Gabungan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com