Ratusan Personel Antisipasi Mudik Lebaran di Tanggamus

Tanggal 28 Mei 2019 - Laporan - 559 Views
Kapolres mengecek kesiapan personel menghadapi mudik lebaran di Kabupaten Tanggamus./Galih

Harianmomentum.com--Sebanyak ratusan personel gabungan disiagakan guna mengantisipasi serta mengamankan pelaksanaan mudik lebaran 2019.

"Kami akan berupaya maksimal guna menciptakan kenyamanan dan keamanan di wilayah Kabupaten Tanggamus, karena suasananya sekarang sangat khas," kata Kapolres AKBP Hesmu Baroto, SIK MM, Selasa (28-5).  

Menurut dia, Operasi Ketupat Krakatau tahun ini bersamaan dengan tahapan Pemilu 2019 sehingga memerlukan kewaspadaan ekstra dalam pelaksanaannya.

"Selama 13 hari ke depan, personel gabungan ini akan bertugas memberikan kenyamanan dan keamanan para pemudik yang melintasi jalan lintas barat Sumatera," katanya.

Kapolres AKBP Hesmu Baroto menjelaskan untuk anggota Polres yang diterjunkan ada 113 personel. Lalu akan ditambah dengan anggota TNI dari Kodim 0424 Tanggamus.

"Juga terdapat anggota gabungan dari lainnya total keseluruhaan 500 personel," jelas AKBP Hesmu Baroto.

Ia mengatakan Operasi Ketupat adalah operasi pelayanan untuk masyarakat yang sudah rutin mudik saat Idul Fitri. Untuk itu turut terlibat juga Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Sentra Komunikasi, Orari, Satpol PP dan Pramuka. 

Salah satu teknis pelaksanaan operasi adalah pendirian posko pengamanan dan pelayanan. Untuk Tanggamus ditetapkan hanya pos pengamanan. Itu ada di empat lokasi yakni, Jalinbar ruas Talangpadang, lalu di rest area Gisting, di Pekon Talagening atau depan SPBU, dan di Pekon Waykerap, Kecamatan Semaka. 

"Untuk Tanggamus kami dirikan posko pengamanan, tujuannya untuk memberikan pengamanan dalam perjalanan bagi pemudik yang melintasi atau bertujuan ke Tanggamus," kata AKBP Hesmu Baroto.

Sambungnya, untuk posko pelayanan ada di Pringsewu, tepatnya di Rest Area Pringsewu. Di sana unsur kepolisian dan seluruh instansi yang terlibat akan bersiaga di pos tersebut. 

Kapolres menambahkan untuk teknis pengamanan pada jalinbar wilayah barat meliputi ruas Kecamatan Wonosobo, Bandar Negeri Semong, dan Semaka, akan diadakan patroli gabung bersama anggota TNI dan Satpol PP. Sebab ruas ini adalah jalur rawan kriminalitas. 

Kemudian, pihaknya juga mengadakan patroli gabungan bersama anggota TNI, Satpol PP dan itu dilakukan sesering mungkin supaya mencegah timbulnya tindak kriminalitas.(glh/jal)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dugaan Korupsi, Kejari Lampura Kembali Panggi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Lampung ...


Pencari Rumput Ditemukan Tewas dengan Luka Ba ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Seorang pencari rumput ditemukan tewas di ...


Setelah Sebulan, Inspektorat Tubaba akan Seli ...

MOMENTUM, Panaragan - Setelah sekitar satu bulan, Inspektorat Tul ...


Guru Korban Pelecehan oleh Oknum Wartawan, Di ...

MOMENTUM, Sungkai Utara -- Kepala Dinas Pendidikan Lampung Utara ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com